Kalau Tidak Juara Liga 1 2021-2022, Arema Bisa Incar Tiket AFC Cup 2023

Kalau tidak bisa menjadi juara Liga 1 2021-2022, setidaknya masih ada hadiah hiburan yang perlu dipertimbangkan Arema. Masih ada dua tiket AFC Cup 2023 yang tersedia.

Dilansir dari unggahan di akun Instagram resmi PSSI pada Januari 2022 lalu, Indonesia mendapatkan jatah 1 klub bisa berlaga di ajang Liga Champion Asia 2023. Jatah itu menjadi milik tim juara Liga 1 2021-2022, yang harus berjuang di fase play off zona timur terlebih dahulu.

Sementara, jatah dua tiket ke ajang AFC Cup 2023 akan diberikan PSSI kepada dua tim yang ada di peringkat 2 dan peringkat 3 klasemen akhir musim ini. Hanya saja, nasib kedua tim itu berbeda.

Tim peringkat 2 di klasemen akhir akan otomatis lolos ke babak penyisihan grup AFC Cup 2023. Sementara, untuk tim peringkat 3 harus bertanding di babak play-off dulu.

Arema Bisa Incar Tiket AFC Cup 2023 Meski Masih Ada Peluang Juara

Arema masih punya peluang juara dan meraih tiket ke Liga Champion Asia 2023, meski peluang itu sangat kecil. Kalau meleset, barulah tiket ke AFC Cup 2023 lebih realistis untuk diperjuangkan anak asuh pelatih Eduardo Almeida.

Saat ini Arema dengan koleksi 58 poin berada di peringkat 5 klasemen sementara. Jarak poin mereka dengan Bali United di puncak klasemen tercatat delapan angka.

Untuk bisa lolos ke AFC Cup tahun depan, Arema harus menggeser peringkat 2, Persib Bandung dengan 66 poin, dan peringkat 3 Bhayangkara FC dengan 59 poin. Tersisa empat laga yang harus dimenangi Arema, salah satunya melawan Bali United (15/3/2022) untuk bisa memelihara peluang ini.

Peluang Go Internasional Semakin Besar dengan Lisensi Club Profesional AFC

Peluang Arema untuk go internasional mewakili Indonesia semakin besar karena punya modal Lisensi Klub Profesional AFC 2021. Sertifikat itu baru diberikan AFC melalui PSSI pada akhir Januari 2022 lalu.

Untuk mengikuti ajang antar klub anggota AFC, pesertanya memang harus mengantongi sertifikat klub profesional tersebut. Selain Arema, pada tahun 2021 lalu di Indonesia ada delapan klub lainnya, yakni Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar.

Peluang Arema itu salah satunya tergantung pada hasil laga melawan Bali United di Pekan 31 ini. BACA: Bali United bisa saja menutup peluang juara Arema jika mampu menang, tapi peluang skuad Singo Edan untuk meraih posisi 2 atau 3 masih ada.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.