Pemain Asing yang Batal Dikontrak Arema Meski Sudah Tiba di Malang

Pemain Asing yang Batal Dikontrak Arema Meski Sudah Tiba di Malang
Alvaro Silva Linares (C) WEAREMANIA

Sebelum Carlos Daniel ‘Kay’ Silveira da Graca, ternyata ada sejumlah pemain asing yang batal dikontrak Arema meski sudah tiba di Malang. Padahal, status mereka bukan lagi pemain trial, tapi siap dikontrak untuk kompetisi.

Kay, sapaan akrabnya, sedianya bakal dikenalkan sebagai rekrutan Arema untuk Liga 1 2021-2022 pada Kamis (1/7/2021) siang. Nyatanya stopper berpaspor Portugal dan Cape Verde itu belum mau teken kontrak.

Ternyata, Kay masih memiliki masalah dengan klub lamanya di Liga Rumania, Universitatea Cluj yang mengontraknya selama tiga musim hingga 2021-2022. Pada musim lalu, Kay dipinjamkan ke klub Liga 2 Portugal, Academica Coimbra.

Bisa Jadi Carlos Daniel Silveira da Graca Batal Berseragam Arema
Carlos Daniel Kay Silveira da Graca

Pemain 32 tahun itu lebih memilih ke Arema dan ogah kembali ke Cluj lantaran gajinya masih tertunggak 30 ribu euro. Namun, Kay tak mau saat diminta melakukan gugatan kepada FIFA terkait tunggakan gaji itu karena tak mau melukai klub lamanya.

Sebelum Kay, Siapa Pemain Asing yang Batal Dikontrak Arema Meski Sudah Tiba di Malang?

Somen Tchoyi (C) WEAREMANIA

1. Somen Tchoyi

Pada Desember 2014, manajemen Arema memperkenalkan Somen Tchoyi, eks klub Liga Inggris, West Brom Albion. Pemain berusia 33 tahun saat itu digadang-gadang sebagai pengganti Alberto Goncalves yang hengkang jelang musim 2015.

Namun, tak lama, kontrak itu dibatalkan Arema dengan alasan teknis. Pemain asal Kamerun itu ternyata tidak lolos tes medis yang baru dijalani setelah diperkenalkan Arema.

Dari penjelasan General Manager Arema, Ruddy Widodo saat itu, Somen memiliki hasil tes medis yang tak memenuhi standar dari dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi. Kualitas fisiknya secara medis rentan cedera.

Pemain Asing yang Batal Dikontrak Arema Meski Sudah Tiba di Malang
Alvaro Silva Linares (C) WEAREMANIA

2. Alvaro Silva Linares

Penggawa Timnas Filipina, Alvaro Silva Linares juga nyaris berseragam Arema setelah didatangkan di tengah musim Indonesian Soccer Championship (ISC) A 2016. Pemain berdarah Spanyol itu sebenarnya juga sudah tiba di Malang.

Eks stopper klub La Liga, Malaga itu sempat muncul sekali dalam sesi latihan, tetapi menolak untuk berlatih gara-gara mengaku belum teken kontrak dengan Arema. Di tengah latihan, Alvaro akhirnya mau gabung latihan, meski cuma joging keliling Stadion Kanjuruhan.

Selang beberapa hari, ada keputusan mengejutkan dari manajemen Arema yang menyebutkan Alvaro batal dikontrak. Alasannya, ada sejumlah permintaan fasilitas yang berlebihan yang tak bisa dipenuhi Arema untuk Alvaro.

3. Brent Griffiths

Alvaro Silva Linares (C) WEAREMANIA
Brent Griffiths (C) WEAREMANIA

Brent Griffiths datang ke Malang bergabung dengan Arema di tengah musim Liga 1 2017 lalu. Namun pemain asal Australia kelahiran Inggris itu batal direkrut meski sudah mengikuti sesi latihan di bawah arahan pelatih Aji Santoso.

Stopper jangkung itu dinilai tidak lolos verifikasi regulasi Liga 1 karena klub terakhir yang dibelanya, Bayswater City bermain di kasta kedua atau semiprofesional Australia. Regulasi kompetisi mengharuskan pemain asing dari Australia berasal dari klub kasta tertinggi atau pernah masuk Timnas senior.

Kabarnya, kegagalan lolos verifikasi regulasi kompetisi itu memaksa Arema membayar sejumlah uang sebagai kompensasi untuk Brent. Pasalnya, dalam offering letter yang dikirim Arema padanya, tertera Brent akan dikontrak dengan sejumlah uang, tanpa ada konsekuensi pembatalan.

Selain Caio Ruan dan Bruno Smith, Ada 7 Pemain Brasil yang Gagal Bersinar di Arema
Felipe Bertoldo (C) DANI KRISTIAN

4. Felipe Bertoldo

Felipe Bertolda juga gagal memperkuat Arema untuk Liga 1 2017 di bawah asuhan pelatih Aji Santoso. Padahal, pemain berpaspor Timor Leste berdarah Brasil itu sudah mengikuti pramusim, bahkan menjuarai Trofeo Bhayangkara Cup 2017 dan Piala Presiden 2017 bersama Arema.

Pada 22 Maret 2017, pemerintah Timor Leste menyatakan melarang peggunaan paspor pada gelandang 26 tahun itu. Pasalnya, nama Felipe termasuk dalam sembilan pemain yang paspornya bermasalah.

Arema tak bisa mengontrak pemain berpaspor selain dari negara anggota AFC, karena slot pemain asingnya tinggal tersisa slot untuk pemain Asia-Australia. Sebab, Arema saat itu sudah memiliki tiga pemain berpaspor non-Asia sesuai regulasi PSSI.

Rodrigo Ost dos Santos Mengaku Ditawari Kembali ke Arema
Rodrigo Ost dos Santos (C) DANI KRISTIAN

5. Rodrigo Ost dos Santos

Senasib dengan Felipe Bertolda, Rodrigo Ost dos Santos juga demikian, batal memperkuat Arema di Liga 1 2018 meski sudah mengikuti masa pramusim. Playmaker asal Brasil itu sempat tampil di Piala Presiden 2018, di mana Arema gagal di babak perdelapan final.

Rodrigo gagal melanjutkan kontraknya dengan Arema karena terkendala verifikasi regulasi PSSI untuk pemain asing. Saat klub terakhir yang dibelanya, Moto Club diverifikasi sebenarnya sudah lolos karena klubnya tampil di Liga Brasil Serie C.

Hanya saja, pemain berusia 29 tahun itu lolos dalam segi menit bermain. Prosentase menit bermain Rodrigo tidak memenuhi syarat yang ditetapkan.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.