Ketika Charis Yulianto Selamatkan Arema yang Hampir Dikalahkan Persipura

Gaji Dipotong Separuh, Charis Yulianto Berpikir Positif
Charis Yulianto (C) DANI KRISTIAN

Pernah ada cerita Charis Yulianto selamatkan Arema dari kekalahan di kandang sendiri. Momen itu terjadi saat skuad Singo Edan menjamu tamunya, Persipura Jayapura, pada lanjutan Liga Bank Mandiri Indonesia 1999-2000 (16/4/2000).

Saat itu, Arema diperkuat oleh trio Latin, yakni Juan Rubio, Rodrigo Araya, dan Pacho Rubio. Untuk pemain lokal, selain Charis sebagai kekuatan utama di lini belakang, ada nama Agung Prasetyo di bawah mistar gawang, I Putu Gede di tengah, Joko Susilo menemani Pacho di lini depan, dan lain-lain.

Di laga ini, Arema mengusung semangat membalas kekalahan 1-2 di kandang Persipura pada putaran pertama (21/11/1999). Terlebih kedua tim juga bersaing memperebutkan posisi empat besar di klasemen Wilayah Timur.

Mendominasi permainan di hadapan Aremania yang memenuhi Stadion Gajayana, Kota Malang, Arema justru kebobolan lebih dulu di pengujung babak pertama. Persipura mengubah angka di papan skor menjadi 0-1 setelah Urbanus Kuwaub mencetak gol di menit 41.

Charis Yulianto Selamatkan Arema Berkat Bantuan Rodrigo Araya

Perjuangan Charis Yulianto di babak kedua dalam mengejar ketinggalan satu gol dari Persipura tidak sendirian. Salah satunya ada andil dari sosok gelandang serang asal Cile, Rodrigo Araya.

Sepuluh menit laga babak kedua berjalan, Araya mampu melesakkan golnya ke gawang Persipura. Gol di menit 50 itu membuat Arema menyamakan kedudukan kembali menjadi 1-1, sehingga sisa waktu pertandingan berjalan semakin seru.

Akhirnya, upaya keras Arema terbayar lunas di menit 68. Sebuah gol dari Charis membalikkan skor menjadi 2-1 untuk Arema, sekaligus menyelamatkan dari kegagalan mendulang poin penuh di kandang.