Mengenang Laga Arema di Final Copa Indonesia 2006

Mengenang Laga Arema di Final Copa Indonesia 2006
Mengenang Laga Arema di Final Copa Indonesia 2006 (C) IDDAILY.NET

Lawan berat, Persipura Jayapura menanti Arema di final Copa Indonesia 2006, 16 September 2006. Namun, skuat Singo Edan akhirnya dapat menang dan memastikan gelar juara kembali.

Arema ke partai final setelah menyingkirkan PSMS Medan dengan agregat 5-3. Sementara, Persipura menumbangkan Persija Jakarta dengan agregat 3-1.

Laga yang dihelat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo itu menjadi laga final kedua Arema setelah di tahun 2005, mereka juga mampu masuk ke partai final dan menjuarai Copa Indonesia 2005. Mengusung misi mempertahankan gelar juara, Arema mampu tampil apik dan mengalahkan Persipura dengan skor 2-0.

Meski cuma disediakan kuota 10 ribu tiket saja, nyatanya hampir 20 ribu kapasitas stadion dipenuhi oleh Aremania dengan atribut serba birunya. Tak ayal lagi, laga ini bak laga kandang bagi Arema, mengingat lokasi stadion yang tak jauh dari Malang.

Seru Selama 90 Menit

Di laga yang digelar malam hari itu, pelatih Arema, Benny Dollo menurunkan pemain-pemain terbaiknya, kecuali Franco Hita yang absen karena akumulasi kartu. Begitu pula pelatih Persipura, Mettu Duaramuri yang kehilangan Boaz Solossa dengan alasan yang sama.

Aris Budi Prasetyo sang kapten tim akhirnya mampu membawa Arema unggul lebih dahulu di menit 51 lewat eksekusi penaltinya. Penalti diberikan untuk Arema setelah bek Persipura, Maully Lessi kedapatan menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.

Arema menggandakan skor menjadi 2-0 di menit 58 lewat gol Anthony Jomah Ballah. Gelandang asal Kamerun itu melakukan sedikit gerakan akrobatik dan menyontek bola ke gawang Persipura yang tak mampu diantisipasi kiper Jendri Pitoy.

Pesta Juara Arema

Pesta juara Arema di final Copa Indonesia 2006 akhirnya pecah setelah wasit Jimmy Napitupulu meniup peluit panjang tanda berakhirnya 90 menit. Arema berhak membawa pulang hadiah senilai 1,5 miliar rupiah dan subsidi 500 juta rupiah untuk mengikuti Liga Champions Asia 2007.

Seperti Firman Utina di tahun 2005, Aris Budi Prasetya menjadi Pemain Terbaik. Emaleu Serge dengan sembilan golnya menyabet gelar Pencetak Gol Terbanyak. Sementara Aremania, melengkapi gelar juara dengan predikat sebagai Suporter Terbaik Copa Indonesia 2006.

Daftar Susunan Pemain Arema vs Persipura di final Copa Indonesia 2006

Arema: Achmad Kurniawan, Leo Soputan, Aries Budi Prasetyo, Andela Atangana, Alexander Pulalo, Sutaji, Anthony Jomah Ballah, Erol FX Iba, I Putu Gede, Marthen Tao, Emaleu Serge.

Persipura: Jendry Pitoy, Victor Igbonefo, Jack Komboy, Ricardo Salampessy, Christian Worabay, David Darocha, Eduard Ivakdalam, Maully Lessy, Nsangue Raymond, Korinus Fingkreuw, Cristian Carrasco.