Ahmad Bustomi, Arema Pemilik Caps Timnas Terbanyak Melawan Malaysia

Ahmad Bustomi
Ahmad Bustomi

Tim  Nasional Indonesia akan menjalani pertandingan pembukaan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia, Kamis (4/9). Pertandingan tersebut akan menjadi pertemuan ke-96 bagi kedua tim.

Dari 95 pertandingan sebelumnya, secara statistik Indonesia unggul dengan 39 kali kemenangan, sedangkan Malaysia mampu menang 35 kali, sementara 21 sisanya berlangsung seri.

Selain statistik pertemuan, yang menarik dari pertemuan Indonesia melawan Malaysia adalah siapa pemain Arema yang pernah tampil melawan saudara serumpun tersebut.

Sejumlah pemain Arema rupanya pernah bermain bertarung melawan Malaysia. Redaksi WEAREMANIA mencatat delapan pemain pernah bermain melawan Harimau Malaya dengan Ahmad Bustomi sebagai pemilik caps atau penampilan terbanyak.

Pemain Arema di musim 2008-2015 ini memang menjadi pilar andalan timnas Indonesia pada masanya. Dikenal sebagai duet Misaki-Tsubasa (Firman Utina) pemain yang saat ini berusia 34 tahun tersebut sudah bermain sebanyak empat kali saat melawan Malaysia. Rekor Bustomi juga terbilang apik karena mampu memenangkan tiga dari empat pertandingan.

Laga pertama terjadi pada kualifikasi Piala AFF 2010, pada saat itu Indonesia mampu menang dengan skor 5-1 pada pertemuan pertama dengan salah satu gol dibuat oleh Arek Malang, Arif Suyono yang pada saat itu membela Sriwijaya FC.

Laga kedua dan ketiga terjadi di babak final Piala AFF 2010. Indonesia kalah dengan skor 3-0 di Kuala Lumpur dan kemudian mampu menang dengan skor 2-1 di Indonesia. Sayang kemenangan tersebut tidak cukup mengantarkan Indonesia untuk menjadi juara karena kalah agregat gol.

Laga keempat terjadi saat persiapan Piala AFF 2014, Indonesia menggelar ujicoba melawan Malaysia di Stadion Delta Sidoarjo pada 14 September 2014. Indonesia mampu menang dengan skor 2-0.

Saat ini, di timnas Indonesia hanya Hanif Sjahbandi sebagai satu-satunya pemain Arema yang ada. Sebagai posisi gelandang, dia akan bersaing memperebutkan posisi dengan nama-nama senior seperti Evan Dimas, Zulfiandi, Rizky Pellu, hingga Manahati Lestusen.

Sulit memang persaingan untuk memperebutkan pemain inti di lini tengah, tetapi terpenting semua itu tidak masalah siapapun yang bakal bermain asal Indonesia mampu memenangkan pertandingan.

Data Caps Lawan Malaysia Pemain Saat Berkostum Arema

4 – Ahmad Bustomi
3 – Zulkifli Syukur
1 – Beny Wahyudi, Cristian Gonzales, Singgih Pitono, Samsul Arif, Hendro Siswanto, Aji Santoso, Firman Utina.