Hanif Sjahbandi Dipanggil Timnas Indonesia

Hanif Sjahbandi saat membela timnas Indonesia
Hanif Sjahbandi saat membela timnas Indonesia

Simon McMenemy melakukan sedikit perubahan pada susunan pemain yang dipanggil tim nasional Indonesia. Sosok asal Skotlandia ini memanggil Hanif Sjahbandi.

Hanif bakal ke timnas setelah dia melakoni laga Arema melawan tuan rumah Bali United pada lanjutan Liga 1 2019, Sabtu (24/8) mendatang. Pemanggilan timnas senior ini bukan yang pertama kerena pemain berusia 23 tahun tersebut sudah memiliki dua cap melawan Kamboja dan Guyana tahun 2018.

Sementara itu, full-back kiri Arema Johan Ahmat Farizi urung dipanggil ke timnas karena masih mengalami cedera di telapak kakinya. Posisiny diganti bek Persebaya Ruben Sanadi.

Pemain kejutan yang dipanggil Simon adalah Bagus Kaffy. Namun, pemanggilan sang pemain lebih dikarenakan untuk memberikan pengalaman berlatih bersama pemain terbaik dari seluruh Indonesia.

“Kami mengganti Alfarizi dengan Ruben. Selain itu, ada Amiruddin Bagus Kahfi dan Hanif Sjahbandi. Bagus Kahfi kami beri kesempatan berlatih bersama Timnas Indonesia Senior sebagai bentuk apresiasi setelah bermain bagus pada Piala AFF U-18 2019 kemarin. Saya harap pengalaman ini dapat dia maksimalkan untuk meningkatkan kemampuannya sebagai pemain masa depan Timnas Indonesia,” ujar Simon

Indonesia memang tengah bersiap untuk melakoni laga kualifikasi Piala Dunia 2022, Tim Nasional Indonesia sudah mulai berkumpul pada Rabu (21/8) di Hotel Alana Sentul, Kabupaten Bogor. Sebagian besar pemain telah datang dan dipimpin sang nahkoda Simon McMenemy.

Skuat Garuda akan melakoni latihan perdana pada Kamis (22/8) petang di Stadion Pakansari, Cibinong.  Andritany dan kawan-kawan dijadwalkan akan melawan Malaysia (5/9) dan Thailand (10/9). Laga babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada acara makan malam pemain dan official Timnas Indonesia, pelatih Simon McMenemy memperkenalkan pemain yang baru bergabung ke Timnas seperti Osas Saha, Angga Saputra, dan Made Andhika Wijaya. Serta pemain yang kembali lagi ke Timnas Indonesia yakni Ferdinand Sinaga dan Manahati Lestusen.

Sementara, untuk pemusatan latihan (TC) di Bogor, Timnas Indonesia akan berlatih di Stadion Pakansari. Pada awal TC ini beberapa pemain belum berkumpul seperti Greg Nwokolo, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, Yanto Basna, Victor Igbonefo, Hanif Sjahbandi dan trio pemain Persebaya yakni Otavio Dutra, Irfan Jaya, dan Ruben Sanadi.

Seluruh pemain tersebut akan bertahap bergabung di TC Timnas Indonesia. TC di Bogor akan berlangsung hingga 29 Agustus. Pada tanggal 30 Agustus, skuat Garuda akan pindah tempat TC di Jakarta.