Bukan 4, Lanjutan Liga 1 2022-2023 Digelar di 5 Stadion Ini

Ternyata bukan empat stadion yang akan dipakai untuk menggelar lanjutan Liga 1 2022-2023 mendatang. PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyiapkan lima stadion ini untuk sisa laga putaran pertama.

Setelah sempat batal digelar kembali 2 Desember, rencana PT LIB akhirnya menemui titik temu. Izin dari kepolisian yang sudah keluar memastikan kompetisi bisa dilanjutkan kembali pada 5 Desember mendatang.

Kompetisi yang sempat terhenti pasca Kanjuruhan Disaster 2 itu rencananya digelar dengan sistem bubble to bubble. Jawa Tengah dan Yogyakarta ditunjuk sebagai venue sisa laga putaran pertama.

Direktur Utama (Dirut) PT LIB, Ferry Paulus sebelumnya hanya menyebut empat stadion yang akan dipakai menggelar sisa laga di putaran pertama ini. Mulai dari Stadion Sultan Agung Bantul, Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Moch Soebroto Magelang, dan Stadon Jatidiri Semarang.

Lanjutan Liga 1 2022-2023 Digelar di 5 Stadion yang Sudah Ditinjau Sistem Manajemen Pengamanannya

Ferry juga memastikan lanjutan Liga 1 2022-2023 putaran pertama akan digelar di lima stadion yang memiliki sistem manajemen pengamanan sesuai Perpol Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Bahkan, Polri sendiri sudah meninjau kelima stadion tersebut.

Selain empat stadion yang disiapkan sejak awal, PT LIB menambahkan satu stadion lagi, yakni Stadion Manahan Solo. Stadion tersebut sebenarnya juga tengah dipersiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

“Proses mendapatkan izin kepolisian ini sangat panjang dan memang banyak hal yang harus kami komunikasikan dengan berbagai pihak. Contohnya komunikasi dengan Mabes Polri,” imbuhnya.

“Untuk memastikan hal itu, pada Kamis (1/12/2022) Mabes Polri mengirimkan tim khusus untuk meninjau sekaligus memastikan sistem manajemen pengamanan di lima stadion di Jawa Tengah dan DIY.”