Indonesia Terkapar di Tangan Malaysia

Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia pada pertandingan perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kamis (9/5). Garuda ditekuk dengan skor 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Indonesia memulai pertandingan dengan serangan cepat, anak asuh Simon McMenemy ini langsung unggul cepat di menit ke-12 setelah umpan terobosan Saddil Ramdani berhasil dimanfaatkan oleh Alberto Goncalves.

Pemain kelahiran Brasil itu mampu melewatkan bola di sela-sela kaki kiper Malaysia Farizal Marlias untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Tidak cukup dengan satu gol, Indonesia terus menekan. Salah satu peluang didapatkan Andik Vermansyah saat dia melepaskan tembakan dari jarak jauh yang melebar.

Malaysia mulai mengimbangi permainan Indonesia usai laga berlangsung sekitar 20 menit. Mereka mendapatkan peluang dari tendangan bebas Safawi Rasid, namun sepakan itu melebar di sisi kanan gawang.

Laga melewati setengah jam, pelatih Tan Cheng Ho tahu kelemahan di full-back kanan Indonesia. Dia pun memasukkan Mohamadou Sumareh di menit ke-35.

Pemain asal Gambia itu kemudian mencetak gol cepat, dari sentuhan pertama dia lolos jebakan offside dan kemudian melepaskan tembakan keras kaki kiri. Bola pun mengarah ke pojok kanan gawang.

Empat menit kemudian, Indonesia kembali unggul melalui Beto lagi. Dirinya melepaskan tembakan setengah chip dari jarak jauh. Kiper Malaysia terlihat sedikit maju ke depan dan dia gagal menjangkau tembakan Beto.

Malaysia menekan Indonesia di sisa babak, namun mereka kesulitan mencetak gol dan laga harus diakhiri dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

Babak Kedua

Di babak kedua, Indonesia langsung mendapatkan peluang emas di menit ke-47. Liukan Stefano Lilipaly sukses membuat dia melewati bek. Namun, tembakan keras kaki kiri yang dia lepaskan masih melebar.

Usai peluang tersebut, Indonesia terus diserbu oleh Malaysia. Bola-bola silang dari dua sisi sayap banyak dikirimkan. Puncaknya di menit ke-66 Syafiq Ahmad mampu menyundul umpan silang rekannya.

Di menit ke-72, laga dihentikan sejenak. Hal ini terjadi setelah di tribun Malaysia ada lemparan smoke bomb. Wasit pun langsung menghentikan pertandingan.

Laga kemudian dilanjutkan di menit ke-79 dengan Indonesia yang terus mendapatkan tekanan.

Malaysia akhirnya menyudahi perlawanan dengan gol di menit akhir. Mohamado Sumareh mampu lolos untuk menyapu umpan silang rekannya sekaligus mengakhiri laga dengan skor 3-2.

Susunan Pemain

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Ricky Fajrin, Yustinus Pae; Zulfiandi, Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah, Saddil Ramdani; Alberto Goncalves

Malaysia: Farizal Marlias; Matthew Davies, Adam Nor Azlin, Shahrul Saad, Corbin Ong Lawrence; Brendan Gan, Nor Azam Azih, Hadin Azman, Safawi Rasid; Syafiq Ahmad, Norshahrul Idlan Talaha