PSSI Menghentikan Liga 1 2020 Tanpa Batas Waktu

PSSI Menghentikan Liga 1 2020 Tanpa Batas Waktu
Mariando Uropmabin (C) DANI KRISTIAN

PSSI menghentikan Liga 1 2020 dengan batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan yang disampaikan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan ini juga berlaku untuk kompetisi strata di bawahnya, Liga 2 2020.

Keputusan itu diambil menyikapi arahan Presiden RI Joko Widodo terkait penyebaran virus corona (Covid-19). Surat edaran Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tentang protokol kewaspadaan pencegahan pandemi virus corona bagi kegiatan olahraga juga menjadi pertimbangan PSSI.

Instruksi itu sudah disampaikan Iriawan melalui surat kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi (18/3/2020) untuk menghentikan kompetisi. Surat tersebut juga ditembuskan kepada Menpora, Ketum KONI, dan klub peserta Liga 1 dan Liga 2.

“Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dihentikan untuk sementara waktu. Pencabutan atas penghentian Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI,” kata Iriawan dalam suratnya.

Ada Instruksi untuk PT LIB Setelah PSSI Menghentikan Liga 1 2020

Setelah PSSI menghentikan kompetisi dengan batas waktu yang belum ditentukan, ada instruksi khusus untuk PT LIB darinya. Instruksi khusus itu terkait penjadwalan ulang kompetisi.

Sebelumnya, ketika dihentikan ini, Liga 1 2020 baru memasuki pekan ketiga yang berakhir 15 Maret 2020. Jika kompetisi digelar sesuai jadwal semula, pekan keempat akan dimulai awal April (3/4/2020) mendatang.

“Menyusun kembali jadwal Liga 1 dan 2 dengan mempersiapkan hal-hal teknis serta administratif. Melakukan komunikasi dengan pihak keamanan terkait perubahan jadwal kompetisi. Membuat kajian manajemen keuangan di masing-masing klub dan LIB secara menyeluruh dalam kondisi terburuk,” tegasnya.