Andi Muhammad Syukrian

0
#
Nama
Andi Muhammad Syukrian
Kebangsaan
Indonesia
Posisi
Defender
Past Teams
Arema
Ulang Tahun
14 Oktober 1968
Umur
52

Andi Muhammad Syukrian merupakan seorang kiper legendaris Arema era Galatama yang gabung Arema di musim 1988-1995. Acub Zinal sang pendiri Arema merekrutnya dari Diklat Sawangan (Pelita Jaya) pada musim kedua setelah Arema terbentuk. Kala itu Syukrian masih duduk di kelas 3 SMA.

Dengan gaji awal di Arema waktu itu yang hanya Rp. 60.000,- Syukrian sukses mempersembahkan gelar Juara Galatama 1992-1993. Pernah Arema melakukan tour ke kandang Pusam Samarinda, Barito Putra dan PKT Bontang para pemain belum gajian selama 3 bulan. Sebagian para pemain mogok untuk ikut tour tersebut dan yang berangkat dalam tour tersebut hanya 13 orang, dan yang menjadi cadangan waktu itu hanya Syukrian dan Panus Korwa.

Kiper keturunan Bugis ini punya pemain idola dan inspirasi dalam bermain, yaitu Harrand Schumaker, kiper asal Jerman yang pada waktu itu bermain untuk klub Bayern Munchen. Dari pernikahannya dengan Nunung Supartina, kiper yang dijuluki “si Jago Becek” ini dikaruniai tiga orang anak, yaitu Andi Muhammad Herdiansyah, Andi Nadia Permatasari, dan Andi Sintia Dewi.