Arema Buka Opsi Pakai Pelatih Lokal

Arema Buka Opsi Pakai Pelatih Lokal
Rudyy Widodo (C) DANI KRISTIAN

Manajemen Arema buka opsi pakai pelatih lokal di Liga 1 2021. Meski demikian, jasa pelatih asing yang pernah melatih di klub Indonesia masih menjadi prioritas incaran mereka.

General Manager Arema, Ruddy Widodo mengaku sudah mendapatkan arahan dari direksi klub mengenai sosok pelatih kepala. Tanpa menyebut namanya, manajer berkaca mata itu menyebut, sudah ada komunikasi juga dengan si pelatih.

Nama pelatih itu baru akan diumumkannya jika izin Liga 1 2021 dari kepolisian diterbitkan. Kabarnya, izin kompetisi akan dipublikasikan saat final Piala Menpora 2021.

“Sudah ada arahan dari direksi kepada saya soal pelatih kepala ini. Sekarang, kami fokus ke satu pelatih tersebut. Kami inginnya Arema dilatih pelatih asing yang sudah pernah di Indonesia. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga akan dilatih pelatih lokal,” kata Ruddy.

Alasan Arema Buka Opsi Pakai Pelatih Lokal

Manajemen Arema tentunya bukan tanpa alasan membuka opsi menggunakan jasa pelatih lokal untuk Liga 1 2021 nanti selain memprioritaskan pelatih asing. Pertimbangan utamanya adalah masalah komunikasi.

Selama ini, diakui atau tidak, ketika Arema dilatih oleh pelatih asing, penyampaian materi latihan sering terkendala bahasa. Apalagi ketika si pelatih tak mampu berbicara dengan Bahasa Indonesia saat menjelaskan, sedangkan para asisten pelatih pun tak mengerti Bahasa Inggris.

“Salah satu alasan kami ya demi menyesuaikan para asisten. Mereka kan tidak fasih berbahasa Inggris. Kalau pelatihnya lokal, bisa jadi tidak butuh waktu lama untuk adaptasi komunikasi,” imbuhnya.

Tidak Sekadar Pelatih Lokal

Ruddy Widodo menegaskan, pelatih lokal yang dibidik Arema pun bukan sekadar lokal. Pasalnya, yang jadi kandidat adalah pelatih lokal dengan lisensi tak main-main, AFC Pro.

“Arahannya direksi, kalau pelatih lokal bukan sembarang lokal, tapi tetap yang berlisensi AFC Pro. Kami juga berpikir panjang soal AFC Club Licensing, pelatih kepala kan harus Pro. Tiap tahun kami lolos licensing tersebut, makanya tahun ini agar lolos lagi ya harus pakai pelatih Pro juga,” tegasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.