Arema Menentang Usulan Liga 1 2021 Tanpa Pemain Asing

Selangkah Lagi Arthur Cunha Kembali ke Arema
Arthur Cunha (C) DANI KRISTIAN

Manajemen Arema menentang usulan regulasi Liga 1 2021 tanpa pemain asing. General Manager Arema, Ruddy Widodo menegaskan regulasi itu tak bisa dikompromikan.

Menurutnya, kompetisi ini merupakan bagian dari industri sepak bola tanah air. Sebagai sebuah industri, tentunya butuh daya tarik, di mana salah satunya adalah keberadaan sosok pemain asing yang dikontrak klub.

Ruddy menegaskan, Arema mengontrak pemain asing bukan sekadar untuk tujuan prestasi di lapangan. Mereka juga dapat diberdayakan di luar lapangan, misalnya promosi produk official store.

“Kami ini kan juga sedang getol-getolnya mencarimenjual diri’ sponsor dan agar merchandise laku keras. Untuk ‘menjual diri’ di hadapan sponsor dan pangsa pasar, maka dibutuhkan daya tarik seperti pemain asing,” kata Ruddy.

Liga 1 2021 Tanpa Pemain Asing Tidak Meliindungi Wakil Indonesia di AFC Cup

Regulasi pemakaian pemain asing menurut Ruddy Widodo juga bertujuan untuk melindungi wakil Indonesia di kejuaraan antar klub anggota AFC. Sebab, di Liga Champions Asia maupun AFC Cup, diterapkan regulasi yang memakai pemain asing.

Bukan bermaksud meremehkan kualitas pemain lokal, tetapi dengan pemakaian pemain asing, Ruddy menyebut kualitas tim akan lebih baik di kancah internasional. Pastinya tidak mungkin mengontrak pemain asing cuma untuk ajang internasional saja, tapi di kompetisi lokal tidak dipakai.

“Memang sebaiknya regulasi Liga 1 mencontoh regulasi Liga Champions Asia atau AFC Cup. Kalau pakai pemain asing, kualitas tim wakil Indonesia bisa selevel, sehingga bisa bicara lebih banyak melawan tim dari luar,” imbuhnya.

Klub yang Tidak Mampu Mengontrak Pemain Asing Tidak Wajib

Ruddy Widodo menegaskan, mengontrak pemain asing jangan dijadikan sebuah kewajiban bagi klub-klub peserta Liga 1 2021. Sarannya, komposisinya dalam regulasi tetap dibikin 3+1 (tiga asing non-Asia dan satu berpaspor Asia).

“Regulasinya tetap dengan pemain asing. Silakan untuk yang mampu mengontrak pemain asing. Yang tidak mampu ya silakan pakai pemain lokal. Hidup itu kan pilihan, asal tidak mengorbankan kepentingan pihak lain,” pungkas manajer berkaca mata itu.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.