Hasil Liga 1 2021-2022 PSM Makassar vs Arema, 5 September 2021

Hanif Sjahbandi (C) Arema FC
Hanif Sjahbandi (C) Arema FC

Laga lanjutan Liga 1 2021-2022 Pekan 1 antara PSM Makassar vs Arema, Minggu (5/9/2021) malam baru saja berakhir. Kedua tim berbagi satu poin setelah kedudukan berakhir sama kuat 1-1.

Inilah Jalannya Babak Pertama PSM Makassar vs Arema

Arema membuka peluang di menit 2 lewat aksi Carlos Fortes dengan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, sepakan keras penyerang asal Portugal itu belum mengarah ke gawang PSM.

Semenit berselang, sebuah tragedi terjadi di dekat garis kotak penalti Arema, di mana Jayus Hariono melakukan pelanggaran kepada Sutanto Tan. Kartu merah dikeluarkan untuk Jayus dan Arema harus bermain dengan 10 pemain di sisa pertandingan.

Pada menit 6 Bagas Adi mendapatkan peluang dari tendangan bebas tak jauh dari garis kotak penalti PSM. Sayang, bola masih tipis mengarah ke kiri atas gawang yang dijaga Hilman Syah.

Selang tiga menit, giliran Wiljan Pluim yang mendapatkan peluang untuk PSM. Tembakan kerasnya yang sempat menyentuh kaki Renshi masih bisa ditangkap dengan baik oleh Adilson Maringa.

Di menit 11 giliran PSM yang meraih peluang dari tendangan bebas Anco Jansen. Bola yang diarahkan ke gawang sisi kiri sanggup ditepis dengan paha oleh Maringa ke luar lapangan.

Peluang dari tendangan bebas kembali didapatkan Bagas di menit 16. Namun, lagi-lagi Hilman menjadi penyelamat gawang PSM dengan blocking ke arah kanannya berdiri.

Berawal dari serangan balik di menit 19, Fortes menyodorkan bola pada Kushedya Hari Yudo yang berlari bebas, melewati Hasyim Kipuw dan langsung berhadapat dengan kiper. Hilman didakwa menjatuhkan Yudo di kotak terlarang sehingga penalti diberikan untuk Arema.

GOOOOOOOL!! Di menit 21, eksekusi penalti yang dilakukan Hanif Sjahbandi mampu membawa Arema unggul 1-0. Bola yang diarahkan pelan ke sisi kiri, mengecoh Hilman yang justru melompat ke sisi kanan.

Tak perlu waktu lama bagi PSM untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Berawal dari serangan yang dirancang dari tendangan kick off, Ilham Udin menjebol gawang Arema dengan sepakan volinya memanfaatkan umpan dari Jansen.

Arema berupaya mencetak gol keduanya memaksimalkan bola-bola mati. Seperti peluang dari tendangan bebas yang dilakukan Rizky Dwi di menit 25, yang masih mampu ditepis Hilman.

Pada menit 33, Maringa kembali melakukan penyelamatan ketiganya. Sebuah true pass dari Pluim disambut tendangan keras Ilham di dalam kotak penalti, tetapi dihalau dengan kaki oleh Maringa.

Inilah Jalannya Babak Kedua PSM Makassar vs Arema

Pada awal babak kedua, Arema melakukan pergantian pemain. Dedik Setiawan ditarik keluar dan dimasukkan stopper asing, Sergio Silva.

Peluang pertama di babak kedua datang dari Pluim yang melepaskan tembakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun, bola justru jatuh di pelukan Maringa yang menyergap sambl menjatuhkan diri.

Tendangan sudut Rizky di menit 67 mengarah ke Fortes, di mana bola langsung disundulnya ke gawang PSM. Namun, penyelamatan dilakukan oleh Hilman yang menepis bola ke luar lapangan.

Di menit 72 giliran PSM yang mengancam gawang Arema lewat sepakan spekulasi dari luar kotak penalti. Berawal dari crossing Hasyim Kipuw, bola diterima Ilham, namun justru Abdul Rahman yang menyambar bola, tetapi mengarah ke atas gawang Arema.

PSM nyaris mencetak gol kedua di menit 74 memanfaatkan umpan cut back Rizky Eka yang menerima bola dari Pluim. Sayang, tendangan Jansen melebar ke sisi kanan gawang Maringa.

Rasyid Bakri melepaskan tembakan keras dari jarak jauh di menit 79. Namun bola dapat diselamatkan mistar gawang Arema dan langsung disapu keluar kotak penalti oleh barisan belakang Arema.

Skema balasan dibuat oleh Dendi di menit 81. Sodorannya ke mulut gawang mampu dijangkau Fortes, tetapi tembakan kaki kirinya mengarah ke kanan gawang PSM.

Muhammad Rafli dimasukkan Arema dengan harapan bisa mengubah keadaan. Super sub Arema itu menggantikan Yudo yang tampak kelelahan.

Hamzah Titofani dimasukkan di detik-detik akhir sebelum laga usai. Penyerang muda Arema itu menggantikan Fortes.

Serangan demi serangan dari kedua tim tidak menghasilkan gol tambahan. Babak kedua antara PSM vs Arema pun berakhir dengan skor 1-1.

Daftar Susunan Pemain PSM Makassar vs Arema

PSM Makassar: 97. Hilman Syah, 5. Erwin Gutawa, 15. Hasyim Kipuw, 3. Zulkifli Syukur, 7. Abdul Rahman, 48. M. Arfan, 17. Rasyid Bakri, 8. Sutanto Tan, 80. Wiljan Pluim, 10. Anco Jansen, 30. Ilham Udin.

Cadangan: 51. Syaiful, 93. Dolly Gultom, 25. Felisianus Bate, 43. Gitra Furton, 4. Renaldi, 11. Yance Sayuri, 19. Rian Firmansyah, 24. Rizky Eka, 68. Farhan Rahman.

Pelatih: Milomir Seslija.

Arema FC: 90. Adilson Maringa, 12. Rizky Dwi, 5. Bagas Adi, 8. Renshi Yamaguchi, 87. Johan Farizi, 14. Jayus Hariono, 19. Hanif Sjahbandi, 11. Feby Eka, 99. Kushedya Hari Yudo, 27. Dedik Setiawan, 9. Carlos Fortes.

Cadangan: 96. Kartika Ajie, 23. Teguh Amiruddin, 33. Didik Ariyanto, 6. Ikhfanul Alam, 4. Sergio Silva, 92. Dave Mustaine, 13. Hamzah Titofani, 78. Bramntio Ramadhan, 41. Dendi Santoso, 10. Muhammad Rafli.

Pelatih: Eduardo Almeida.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.