Jadi Gelandang Bertahan, Ridwan Tawainella Ingat-ingat Masa Lalu

Jadi Gelandang Bertahan, Ridwan Tawainella Ingat-ingat Masa Lalu
Jadi Gelandang Bertahan, Ridwan Tawainella Ingat-ingat Masa Lalu (C) DANI KRISTIAN

Dijadikan gelandang bertahan oleh pelatihnya, Milomir Seslija di laga melawan PSIS Semarang lalu, Ridwan Tawainella tak merasa kesulitan beradaptasi. Sebab, pemain asal Tulehu itu berusaha mengingat-ingat masa lalunya.

Kebanyakan Aremania tahunya Tawainella adalah seorang winger yang biasa beroperasi di sisi kanan. Namun, cederanya Hendro Siswanto dan perginya Hanif Sjahbandi dan Muhammad Rafli ke timnas, memaksanya menempati posisi gelandang bertahan saat melawan PSIS.

Memainkan posisi sebagai gelandang bertahan bukanlah hal baru bagi Tawainella. Semasa awal berkarier di PSM Makassar sejak 2015 lalu, posisi tersebut sudah akrab dengannya.

“Waktu bermain di PSM dulu saya sebenarnya memang berposisi sebagai gelandang bertahan. Tapi sejak pelatihnya Robert (Rene Albert) pada 2016, saya dijadikan seorang winger,” ungkap Tawainella kepada WEAREMANIA.

Ridwan Tawainella Tak Masalah dengan Perubahan Posisinya

Ridwan Tawainella mengaku tak masalah dengan perubahan posisinya tersebut. Bahkan, pemilik jersey bernomor punggung 16 ini mengaku tak perlu adaptasi lama.

Tawainella berduet dengan Jayus Hariono dan Makan Konate di lini tengah Arema di laga melawan PSIS yang berakhir imbang 1-1. Total pemain berusia 24 tahun ini menjalani 72 menit sebelum digantikan Takafumi Akahoshi di babak kedua.

“Tidak ada masalah dengan adaptasi, karena saya sudah pernah menjadi gelandang bertahan, jadi sudah tahu harus bagaimana, tinggal mengingat-ingat seperti apa dulu,” imbuhnya.

Tetap Andalkan Kecepatan

Meski tugasnya berbeda, tapi menurutnya menjadi winger atau gelandang bertahan tetap sama-sama mengandalkan kecepatan dalam berlari. Bedanya, kalau winger memakai kecepatan di sisi sayap, kalau gelandang bertahan memakainya untuk menghadang serangan lawan.

“Pasti tetap pakai kecepatan, karena gelandang bertahan juga butuh kecepatan,” pungkas pemain yang akrab disapa Ridho itu.