Kuncoro Melawan Mitos Buruk Arema di Stadion Manahan

Kuncoro Melawan Mitos Buruk Arema di Stadion Manahan
Kuncoro (C) DANI KRISTIAN

Mitos buruk Arema di Stadion Manahan, Solo yang jadi venue Grup A Piala Menpora 2021 boleh dipercaya boleh tidak. Yang jelas, Asisten Pelatih Arema, Kuncoro mencoba melawan mitos tersebut.

Kembali tampil di Manahan, Arema dibayangi sejumlah hasil buruk yang didapat saat berlaga di stadion tersebut. Menariknya, kekalahan-kekalahan itu diderita dari tim yang sama, Sriwijaya FC.

Arema pernah kalah 1-2 dari SFC di leg kedua babak Semifinal Piala Presiden 2015. Mereka gagal melaju ke partai puncak lantaran kalah agregat setelah ditahan imbang SFC di Malang.

Momen lain terjadi pada saat Arema kalah 1-2 di babak final Piala Indonesia 2010. Selain itu, skuad Singo Edan juga pernah menelan kekalahan 1-3 dari tim yang sama di babak perempatfinal Piala Presiden 2018.

“Mitos itu jangan dipikir, karena kita punya Tuhan. Kalau mikir mitos, malah akan membebani diri sendiri, karena takut kalah. Mitos itu tidak ada, mau main di mana pun, yang terpenting masih di lapangan. Jadi tidak masalah bagi saya,” kata Kuncoro kepada WEAREMANIA.

Pengalaman Buruk Kuncoro di Stadion Manahan

Kuncoro sendiri mengaku juga memiliki pengalaman buruk di Stadion Manahan Solo. Kisah kurang menyenangkan itu dialaminya saat menjadi Asisten Pelatih Arema di Indonesia Super League 2011-2012 dijamu Persija Jakarta.

Saat itu, Arema yang butuh poin tambahan untuk mentas dari zona degradasi mengusung misi meraih poin penuh dari tuan rumah Persija. Namun, Persija yang menjadi tim musafir musim itu justru yang memetik kemenangan tipis 1-0 lewat gol Pedro Javier.

“Kami tengah butuh poin untuk naik dari jurang degradasi. Saat itu kami menguasai permainan, tetapi terkena sekali serangan balik langsung kemasukan. Kekalahan itu sangat kami sesali. Untungnya di pertandingan berikutnya kami bisa menuai poin demi poin dan selamat dari degradasi,” imbuhnya.

Mitos Buruk Arema Sudah Terpecahkan Tahun 2017

Siapa bilang Arema tak pernah menang di Stadion Manahan Solo? Arema pernah menuai kemenangan tipis 1-0 atas Sriwijaya FC di babak perempatfinal Piala Presiden 2017.

“Makanya, kami tetap optimistis dan memilih tidak memercayai mitos-mitos apa pun. Kami akan berjuang meraih kemenangan demi kemenangan,” tegas pelatih asal Gondanglegi, Kabupaten Malang itu.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.