Siapkan Puncak Performa Pemain Arema untuk Lawan Persebaya

- Advertisement -

Fokus Pelatih Arema, Javier Roca pekan ini sudah bukan pada sesi latihan fisik seperti pekan lalu. Kini tim pelatih menyiapkan puncak performa pemain Arema untuk lawan Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023 Pekan 11, Sabtu (1/10/2022), pukul 20.00 WIB.

Persiapan untuk menghadapi Persebaya sudah digelar mulai Senin (26/9/2022) pagi di Lapangan Tirtomoyo, Pakis, Kabupaten Malang. Tampak Roca tak lagi memberikan materi latihan fisik untuk pemainnya.

Porsi latihan taktikal tampak lebih banyak dan mendominasi. Hanya saja, dalam dua hari ini, Senin dan Selasa, masih ada sesi fitness di pusat kebugaran (gym) pada sore hari.

“Meski ada beberapa pemain yang ototnya capek, mereka tetap masih bisa dimaksimalkan di pertandingan nanti. Sekarang kita mainkan intensitas dan jam latihan, biar pemain dapat puncak performa di hari H pertandingan, bukan sebelumnya,” kata Roca usai memimpin sesi latihan.

Siapkan Puncak Performa Pemain Arema dengan Perpaduan Periodisasi dan Micro Cycle

Javier Roca memadukan antara periodisasi latihan dengan micro cycle (siklus mini) untuk menyiapkan puncak performa pemainnya. Kedua metode itu dipadukan untuk dicari positifnya oleh pelatih asal Chile tersebut.

Yang dimaksud periodisasi latihan adalah pengaturan perencanaan dan tahapan jangka panjang daripada suatu program latihan di mana setiap proses latihan mempunyai tujuan yang berbeda. Sementara, siklus mini lebih sebagai alat perencanaan yang paling penting dalam suatu proses pelatihan.

“Periodisasi sering dipakai di luar negeri, lebih ke taktikal. Kalau micro cycle lebih ke atur sesuai dengan pemain sebagai manusia. Keduanya punya tujuan masing-masing. Kalau kita padukan hasilnya lebih baik, kenapa tidak?” tegasnya.

Usai latihan awal pekan ini, Evan Dimas minta latihan fisik tambahan. BACA: Javier Roca mengizinkan hal itu, tapi dengan syarat tertentu.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya