Aremania Balikpapan Menggelar Kabar Damai Arema-Aremania Se-Kaltim

Aremania Balikpapan Menggelar Kabar Damai Arema-Aremania Se-Kaltim

Aremania Balikpapan menggelar acara di luar neribun, yang mereka namakan Kabar Damai Arema-Aremania Se-Kaltim (Kalimantan Timur). Acara itu digelar di Pantai Wisata Manggar Segarasari, Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan, Kota Balikpapan, Minggu (15/12/2019) pagi.

Ketua Korwil Aremania Balikpapan, Kosim Junaidi menjelaskan, acara semacam ini sudah rutin mereka gelar tahunan, meski tidak setiap tahun. Sebelumnya, komunitas pecinta klub Arema di tanah Balikpapan itu pernah menggelar acara serupa pada tahun 2011, 2014, dan 2016. Kebetulan juga tahun ini ada tawaran sponsorship dari PT Gudang Garam untuk menggelar acara tersebut.

Pria yang akrab disapa Juned itu juga menuturkan, tujuan digelarnya acara ini untuk menjalin silaturahmi sesama Aremamania se-Kaltim. Dalam hal ini silaturahmi di luar stadion, karena mereka sering bertemu di stadion ketika mendukung Arema berlaga di Pulau Kalimantan.

“Kalau silaturahmi di dalam stadion saat mendukung Arema beda auranya, semua panca indera tertuju ke lapangan, dan setelah pertandingan juga hanya bertemu sebentar saja. Beda jika kopdar (kopi darat) di saat bukan dalam suasana mendukung Arema. Jalinan komunikasi akan terasa lebih intens, sehingga persaudaraan yang ada antar sesama Arema dan Aremania akan lebih akrab lagi,” kata Juned kepada WEAREMANIA.

Kenapa Dipilih Pantai sebagai Venue Acara?

Juned sebagai ketua pelaksana, juga menjelaskan alasan kenapa acara Kabar Damai Arema-Aremania Se-Kaltim ini digelar di Pantai Wisata Manggar Segarasari. Selain itu, peserta yang hadir diharapkan mengenakan atribut Aremania-nya.

Menurutnya, pantai menjadi pilihan yang paling tepat dijadikan venue acara tersebut. Sebab, perkiraannya, masa Aremania yang datang lebih dari 1000 orang, jika mengacu pada acara-acara sebelumnya. Pada tahun 2011 acara digelar di Wisata Waduk Manggar, 2014 dengan nonton bareng film Darah Biru Arema 1 di Cafe Pasar Segar, dan 2016 di Pantai Manggar.

“Selain itu, pantai ini kami nilai tempatnya luas, dan aksesnya juga paling mudah dicari, ini juga menjadi pertimbangan bagi kami. Tahun 2016 juga digelar di tempat ini, dan yang datang hampir seribu Aremania,” imbuh pria yang juga seorang dokter tersebut.

Ada Hiburan Bantengan

Dalam acara Kabar Damai Arema-Aremania Se-Kaltim ini, Juned dan panitia lainnya menyiapkan electone dan live acoustic sebagai hiburan utama. Dihadirkan pula atraksi kesenian Bantengan, dan pencak silat dari Setia Hati.

“Untuk bantengan ini, kami awalnya tidak kepikiran, karena memang tidak ada perkumpulan kesenian ini di Balikpapan. Tapi ada tawaran dari Aremania Palaran (Wobama) yang ingin tampil. Mereka akan berkolaborasi dengan Singo Barong dari Aremania Bontang. Semoga setelah ini kesenian bantengan menjadi populer di Balikpapan,” imbuh pria 41 tahun itu.

Harapan Aremania Balikpapan

“Harapan kami setelah acara ini, terjalin komunikasi dan keakraban antar sesama Aremania se-Kaltim khushsnya, dan seluruh Kalimantan pada umunnya. Kebetulan kabarnya Aremania dari Banjarmasin dan Tabalong juga akan hadir. Kami berharap juga antar sesama Aremania yang sebagian besar adalah perantauan bisa saling dukung dalam segala hal, baik untuk urusan sepak bola atau pun dalam pekerjaan, dan masalah sosial lainnya,” tegasnya.