Ketika Aremania Terlibat dalam Film Romeo Juliet

Ketika Aremania Terlibat dalam Film Romeo Juliet
Cover film Romeo Juliet (C) IMDB.COM

Kelompok suporter Arema, Aremania terlibat dalam proses pembuatan film Indonesia yang berjudul Romeo Juliet yang disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf. Proses pengambilan gambarnya sendiri berlangsung pada September 2008, sebelum film dirilis pada 23 April 2009.

Rumah produksi Bogalakon Pictures memilih lokasi pengambilan gambar di lapangan basket Stadion Gajayana, Kota Malang. Total ada seratus lebih Aremania yang mendapatkan kehormatan untuk terlibat langsung menjadi pemeran dalam film ini.

Aremania memerankan kelompok suporter Persija Jakarta (The Jakmania) dan kelompok suporter Persib Bandung (Bobotoh/Viking) untuk mengisi ending scene. Film ini sendiri memang mengambil plot cerita cinta terlarang antara Rangga suporter Persija dan Desi suporter Persib. Cinta mereka disebut terlarang setelah tak disetujui masing-masing kelompok suporter yang terkenal sebagai rival tersebut.

Dalam adegan itu, sejumlah Aremania mengenakan kaos oranye khas The Jakmania dan kaos biru khas Persib. Mereka berkumpul di tengah lapangan sambil meneriakkan caci maki, lalu terlibat bentrokan, hingga ada yang berlumuran darah (buatan).

Aremania Terlibat dalam Adegan Lainnya

Tak hanya dalam adegan ending scene film Romeo Juliet, Aremania juga dilibatkan dalam adegan lainnya. Pada adegan lainnya, Bogalakon Pictures memilih lokasi di Stasiun Malang Kotabaru.

Dalam adegan tersebut diceritakan tokoh utama film ini, Rangga dan Desi kabur ke Malang. Mereka yang hendak menyaksikan laga Arema vs Persija disambut oleh dirigen Aremania, Yuli Sumpil di stasiun tersebut.

Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang ikut dipilih menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film ini. Aremania dan The Jakmania digambarkan sedang menikmati laga antara Arema vs Persija di sana.

Alasan Dipilihnya Aremania

Bogalakon Pictures tak asal memilih Aremania untuk berperan dalam film Romeo Juliet ini. Production Designer dari rumah produksi asal Jakarta itu, Edmond Waworuntu menyebut Aremania dalam posisi netral saat itu.

Menurutnya, Aremania bisa dibilang sebagai kelompok suporter di Indonesia yang dekat dengan The Jakmania. Selain itu, kelompok pendukung Arema itu dinilai tidak punya masalah dengan Bobotoh/Viking.

“Aremania selama ini juga telah banyak membantu kami. Shooting kali ini kami juga banyak mendapatkan bantuan dari teman-teman Aremania,” ujar Edmond dikutip dari Malang Post.

Romeo Juliet yang berdurasi 104 menit ini dibintangi oleh sejumlah artis ternama. Selain tokoh utama Edo Borne (Rangga) dan Sissy Priscillia (Desi), film tersebut juga didukung oleh Alex Komang, Epy Kusnandar, Ramon Y Tungka, Norman Akyuwen, dan lain-lain.