Presidium Aremania Tak Meninggalkan Prinsip No Leader Just Together

- Advertisement -

Presidium Aremania tak meninggalkan prinsip no leader just together alias tak ada pemimpin hanya bersama-sama. Hal itu ditegaskan Syamsul Arifin, Ketua Tim Sembilan, yang merancang Anggaran Dasar’Anggaran Rumah Tangga organisasi ini.

Menurutnya, Tim Sembilan menilai Presidium Aremania ini merupakan bentuk organisasimodern yang paling pas untuk Aremania. Salah satu ciri organisasi modern tentu adanya kepengurusan.

Bicara soal kepengurusan, awalnya memang ada sedikit kekhawatiran di benak sejumlah Aremania, organisasi ini bisa dibawa ke ranah politik. Jadi, organisasi tanpa ketua seperti presidium ini menjadi solusi baru.

“Sampai akhirnya muncul ide baru untuk mengorganisasi Aremania. Tidak perlu ada ketua bagaimana? Caranya dengan kolektif kolegial, ya Presidium Aremania ini,” kata Syamsul.

“Nanti di dalam presidium itu terserah memilih siapa koordinatornya di antara tujuh orang. Mungkin bisa bergantian tiap waktu yang mereka tentukan sendiri. Struktur kepengurusannya mereka juga yang menentukan.”

Kelebihan Punya Presidium Aremania

Syamsul menambahkan, ada sejumlah kelebihan jika punya Presidium Aremania sebagai organisasi legal. Setidaknya, masalah-masalah Aremania, baik secara internal maupun yang berhubungan dengan dunia luar bisa pelan-pelan terpecahkan.

Nantinya, Presidium Aremania ini akan dipilih oleh 177 korwil dan komunitas Aremania yang mengirimkan dua voternya. Voting akan dilakukan dalam Musyawarah Nasional (Munas) Aremania, 1-2 Juni 2024 di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Namun, Syamsul meminta kepada banyak pihak jangan terlalu berekspektasi dulu Presidium Aremania ini bisa menjadi akan menjadi organisasi besar. Yang pasti, organisasi ini menjadi pondasi yang kuat untuk perjalanan Aremania ke depan.

“Kalau kita gak punya organisasi, berpotensi ada saling mencabik di antara Aremania, karena semua berhak menamakan dirinya Aremania, dengan berbagai macam dinamika dan variasi perilakunya,” imbuhnya.

“Kalau ada hal positif maka oke, kalau negaitif maka Aremania keseluruhan yang menanggung dampaknya. Hal-hal kecil ini yang kami minimalisir dengan adanya Presidium Aremania ini, dan akan menjadi mercusuar bagi suporter seluruh Indonesia.”

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya