Arema Datangkan Pelatih Asing Asal Brasil yang Belum Pernah Melatih di Liga 1?

- Advertisement -

Kabarnya, Manajemen Arema datangkan pelatih asing asal Brasil yang belum pernah melatih di Liga 1. Jika kabar itu benar, Asisten Pelatih Arema, Kuncoro bakal mendukung keputusan tersebut.

Sebelumnya, Kuncoro sempat menyerukan kriteria pelatih yang cocok menjadi pelatih kepala Arema di Liga 1 2024-2025. Menurutnya, Arema sebaiknya dilatih sosok yang punya karakter, mengerti karakter pemainnya, dan mampu mempertahankan ciri khas permainan Malangan.

Baginya, pelatih lokal mapun asing tak masalah, asalkan bisa memenuhi tiga kriteria tersebut. Sekalipun pelatih asing yang baru menginjakkan kaki di Indonesia pun tak masalah.

“Pelatih asing yang belum punya pengalaman melatih di Indonesia pun gak masalah, yang penting bisa cepat beradaptasi dan memenuhi kriteria tersebut,” kata Kuncoro kepada WEAREMANIA.

Bisa Berkaca Kepada Klub-klub Lain Sebelum Arema Datangkan Pelatih Asing

Kuncoro menambahkan, Arema bisa berkaca kepada klub-klub lain sebelum mendatangkan pelatih asing. Menurutnya, banyak pelatih asing yang baru datang ke Indonesia tapi kemudian sukses.

Tentunya, butuh berhati-hati, sabar, dan penuh pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Jika meleset, risikonya bakal berdampak kepada performa tim musim depan.

“Setiap pelatih punya karakter masing-masing. Banyak juga pelatih asing baru datang, tapi sukses di Liga 1. Contohnya pelatih Madura United (Mauricio Souza). Dia baru tapi sukses bawa timnya lolos ke championship series,”

Pelatih asal Kabupaten Malang itu memberi contoh lain, yakni Bernardo qTavares, yang membawa PSM Makassar menjuarai Liga 1 2022-2023 di musim perdananya. Pada musim keduanya, dalam situasi manajerial yang agak bermasalah, pelatih asal Portugal itu masih bisa menempatkan PSM di papan tengah.

“Mereka sukses pasti karena bisa memelajari karakter para pemainnya dengan cepat, dan beradaptasi cepat. Itu semua tergantung orangnya,” pungkasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya