Materi Latihan Arema Pasca Kanjuruhan Disaster 2 Berdasarkan Data Analitic Training

- Advertisement -

Javier Roca menyusun materi latihan Arema pasca Kanjuruhan Disaster berdasarkan rekomendasi tim psikolog. Karenanya, para penggawa Singo Edan menjalani latihan dengan menu berdasarkan data analitic training.

Data analitic itu didapatkannya dari hasil pengamatan di lapangan dan formulir yang disebarkannya kepada setiap pemain Arema. Setiap harinya, Johan Farizi dan kawan-kawan selalu mengisi formulir tentang kondisi fisik dan mental mereka sebagai bahan evaluasi.

Pelatih asal Chile itu menyebut, materi latihan yang dijalani pemainnya itu belum ada secara garis besar kompetitif. Jadi, materi latihan yang dijalani tak sama dengan ketika mereka hendak menghadapi pertandingan resmi.

“Jadi masih latihan secara biasa. Tidak seperti biasanya saya siapkan latihan itu dengan lima komponen, yaitu teknik, taktik, fisikal, mental, dan aturan permainan. Ini lebih kepada analitic training, di mana latihan teknik sendiri, fisikal sendiri. Pelan-pelan kita masuk ke materi yang lebih komplit,” kata Roca.

Latihan Arema Pasca Kanjuruhan Disaster 2 Disesuaikan Dengan Mental Pemain

Javier Roca berusaha menyesuaikan materi latihan untuk tim Arema dengan mental para pemainnya. Sebab, sejauh ini mental pemain Arema masih tidak stabil pasca mengalami langsung tragedi tersebut.

Data analitic masing-masing pemain akan sangat membantu tim pelatih untuk menyesuaikan hal tersebut. Tim psikolog juga bisa mengetahui kondisi psikis masing-masing pemain.

“Ini kan karena secara kompetitif mungkin mental pemain tidak terlalu stabil, masih dengan emosional, makanya latihannya dengan kompetitif dikurangi,” imbuhnya.

Selalu Berkoordinasi Dengan Tim Psikolog

Javier Roca akan selalu berkoordinasi dengan tim psikolog yang mendampingi Arema. Termasuk untuk menyusun program latihan tahap lanjutan nantinya.

“Tim psikolog yang menilai, pemain ini ada di level mana, apakah mereka bisa menerima atau belum program latihan yang lebih intens. Selama ini kan kita cuma menilai mereka, kita tahu dari secara mental saja,” pungkasnya.

Kabar tentang Kanjuruhan Disaster 2 akan terus kami sajikan secara tajam, berimbang, dan terpercaya. BACA: Klik di sini untuk terus mengikuti update berita tentang Kanjuruhan Disaster 2 dari segala sisi.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya