Evaluasi Putaran Pertama: 7 Pemain Arema yang Terbanyak Tampil

Makan Konate saat Arema melawan Barito (Foto: Dani Kristian)
Makan Konate saat Arema melawan Barito (Foto: Dani Kristian)

Arema FC sudah menjalani 16 laga di putaran pertama Liga 1 2019, dan menyisakan satu laga tunda melawan PSM Makassar. Setidaknya ada 7 pemain Arema yang terbanyak tampil separuh musim ini.

1. Makan Konate

Makan Konate bisa dibilang pemain yang tak tergantikan di Arema sepanjang putaran pertama. Bermain 16 laga konstan selama 90 menit, membuatnya membukukan 1440 menit di lapangan.

Makan Konate juga menjadi pemain Arema yang paling banyak melepaskan tembakan. Dari data liga-indonesia.id, dia melepaskan 45 tembakan dengan 28 diantaranya tepat sasaran. Dari sejumlah tembakan tersebut, 10 diantaranya berbuah gol.

Konate juga lihai memulai serangan karena dia sudah mengirimkan 287 umpan dengan tujuh diantaranya berbuahkan assist.

Meskipun atribut pertahanannya tidak terlalu baik karena sudah melakukan 25 pelanggaran, hanya sekali intersep dan tidak pernah melakukan sapuan, namun hal itu tidaklah penting mengingat tugasnya adalah playmaker.

2. Hamka Hamzah

Hamka Hamzah tercatat bermain 90 menit dalam 15 laga bersama Arema. Kapten tim Arema ini hanya absen sekali saat Arema kalah 4-2 di kandang Kalteng Putra.

Pemain 35 tahun itu mencatatkan menit bermain selama 1350 menit. Sejauh ini, 2 gol dan 1 assist sudah disumbangkannya.

Sebagai bek, dia memiliki atribut pertahanan yang bisa dibilang sangat bagus. Dari belakang, Hamka sudah mengirimkan 213 umpan untuk menjadi awalan serangan Arema.

Ketika bertahan, dia sukses melakukan 13 tekel dan 6 kali intersep.

Hamka Hamzah ketika melawan Bali United (Foto: DANI KRISTIAN)
Hamka Hamzah ketika melawan Bali United (Foto: DANI KRISTIAN)

3. Arthur Cunha

Sama seperti sang kapten, Arthur Cunha juga tampil 15 kali sepanjang putaran pertama. Bek tengah asal Brasil itu juga membukukan menit bermain 1350 menit.

Arthur hanya absen sekali di laga kandang melawan Persipura Jayapura. Sejauh ini, 2 gol dan 2 assist sudah dicatatkan eks Mitra Kukar tersebut.

Arthur Cunha adalah pemain Arema yang paling banyak melakukan umpan. 311 umpan dia kirimkan membuat dia tercatat sebagai bek yang lihai dalam melakukan built up serangan.

4. Dendi Santoso

Dendi Santoso menjadi andalan Arema di posisi penyerang sayap. Pemain asli Malang itu bermain total 15 kali sepanjang putaran pertama (1307 menit).

Pemilik jersey bernomor punggung 41 itu sempat absen sekali di laga tandang melawan Borneo FC. Tiga gol dan satu assist sudah dibuatnya sejauh ini.

Dendi Santoso memberikan umpan (Foto: Dani Kristian)
Dendi Santoso memberikan umpan (Foto: Dani Kristian)

5. Sylvano Comvalius

Digadang-gadang sebagai pemain bintang, Sylvano Comvalius tampil 15 kali di putaran pertama. Penyerang asal Belanda itu 13 kali menjadi pemain inti, 2 kali pemain pengganti, dan 7 kali digantikan.

Total Comvalius menjalani 1134 menit berseragam Arema di putaran pertama. Eks Bali United itu melesakkan 4 gol dan menyumbang 7 assist.

6. Riky Kayame

Riky Kayame mencatatkan statistik unik di putaran pertama. Meski tampil dalam 15 laga bersama Arema, menir bermainnya tergolong lebih sedikit dari lima pemain di atas, yakni 712 menit.

Penyerang sayap asal Papua itu 9 kali menjadi pemain inti, 6 kali menggantikan, dan 9 kali digantikan. Meski demikian, 1 gol dan 2 assist sudah dibukukannya.

7. Hendro Siswanto

Hendro Siswanto menjadi andalan Arema di lini tengah, terbukti 14 laga yang sudah dijalaninya. Total 1440 menit sudah dibukukan pemilik jersey bernomor 12 ini.

Gelandang asal Tuban itu baru 2 kali absen. Hendro tak bisa bermain di laga melawan Persija Jakarta karena akumulasi kartu dan melawan PSIS Semarang karena cedera.