Samsul Arif, Satu-satunya Pemain Arema Pencetak Gol ke Gawang Malaysia

Samsul Arif saat melawan Malaysia
Samsul Arif saat melawan Malaysia

Laga melawan Malaysia memang selalu menarik perhatian, selain mencari siapa pemain Arema yang memiliki caps melawan negeri Jiran tersebut. Pertanyaan tentang siapa pemain Arema yang pernah mencetak gol juga menarik.

Dari 95 kali pertemuan melawan Malaysia, ternyata menyempil satu pencetak gol yang membela Arema ketika berkostum timnas. Dia adalah Samsul Arif Munip.

Pertemuan tersebut digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada laga ujicoba persiapan menyambut Piala AFF. Indonesia yang dilatih Alfred Riedl menurunkan sejumlah pemain yang dianggap terbaik hasil babak grup ISL 2014.

Sejumlah pemain Arema yang berhasil membawa Singo Edan pada saat itu dimainkan, mereka adalah Ahmad Bustomi, Hendro Siswanto, Samsul Arif, hingga Cristian Gonzales. Sedangkan Kurnia Meiga menjadi pemain cadangan.

Samsul sempat melakukan penetrasi di menit ke-41, namun tembakan yang dia lepaskan masih meebar di samping gawang.

Gol Samsul akhirnya terjadi di menit ke-88, dia mencetak gol memanfaatkan umpan silang Tony Sucipto. Sembari terbang dia berhasil menyundul bola.

Siapa sangka, gol yang dibuat Samsul ini menjadi satu-satunya gol yang dibuat oleh pemain Arema. Memang ada pemain lain seperti Cristian Gonzales, hingga Arif Suyono. Namun semua gol itu mereka buat saat tidak berkostum Arema.

Di sisi lain, dari hasil laga itu Samsul Arif kemudian masuk ke skuat Piala AFF 2014. Samsul sendiri mencetak gol penyama kedudukan melawan Vietnam di laga pembuka dengan skor 2-2.

Sayang kekalahan telak melawan Filipina dengan skor 4-0 membuat Indonesia tersingkir. Sehingga kemenangan telak 5-1 atas Laos tidak menentukan hasil akhir karena Indonesia hanya mendapatkan empat poin. Sementara Vietnam dan Filipina lolos ke babak selanjutnya dengan poin 7 dan 6.