3 Skenario Arema Lawan Persita Tangerang Tanpa Jayus Hariono

- Advertisement -

Arema lawan Persita Tangerang di Pekan 29 Liga 1 2023-2024, Rabu (13/3/2024), pukul 20.30 WIB dipastikan tanpa Jayus Hariono. Setidaknya ada skenario yang bisa dicoba Pelatih Arema, Widodo Cahyono Putro.

Jayus dipaksa menepi karena skorsing satu pertandingan akibat akumulasi kartu kuning. Hingga Pekan 28 lalu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga mencatat sudah ada 10 kartu kuning yang dikantonginya.

Sejauh ini, pemilik jersey bernomor punggung 14 itu tak bermain lima kali, belum termasuk laga lawan Persita. Tiga laga di antaranya, Jayus terkena akumulasi, dan dua laga karena memang tak dimainkan pelatih.

Dari lima laga saat Jayus absen itu, tercatat empat kali Arema gagal meraih kemenangan, yakni saat kalah dari Dewa United, Bali United (2 kali), dan RANS Nusantara FC. Satu-satunya kemenangan yang diraih Arema tanpa Jayus saat mereka mengalahkan PSS Sleman.

Inilah 3 Skenario Arema Lawan Persita Tangerang Tanpa Jayus Hariono

1. Memainkan Gelandang Bertahan Asing

Musim ini, bisa dibilang tak punya stok gelandang bertahan lokal selain Jayus Hariono. Maka, saat pemain berusia 27 tahun itu absen, memainkan gelandang bertahan asing bisa menjadi solusi.

Pilihannya ada dua pemain, Julian Guevara yang oleh Widodo lebih sering dimainkan sebagai bek tengah, atau Charles Raphael yang kerap duduk di bench.

Widodo bisa memainkan Raphael di posisi Jayus, dan tetap memasang Guevara di stopper. Bisa pula sebaliknya, dengan menempatkan Guevara di posisi gelandang bertahan, dan menurunkan Raphael sebagai bek, seperti yang dilakukan pelatih-pelatih Arema sebelumnya.

2. Memainkan 2 Gelandang Bertahan Asing

Opsi berikutnya dengan memainkan dua gelandang bertahan asing sekaligus. Artinya, Julian Guevara dan Charles Raphael sengaja digandengkan di lini tengah.

Jika opsi ini yang dipilih, maka Arema harus bersiap menurunkan duet bek tengah lokal di belakang. Syaeful Anwar, yang mantan Persita, bisa dipasangkan dengan Bagas Adi.

Andaikan Ariel Lucero yang dipilih mengisi satu slot lagi di lini tengah, maka di laga ini untuk pertama kalinya Arema diperkuat tiga pemain asing sekaligus di sektor gelandang.

3. Tanpa Gelandang Bertahan

Pilihan terakhir Widodo tanpa Jayus, mereka bisa saja bermain tanpa gelandang bertahan. Tiga posisi di lini tengah diisi dengan dua pemain gelandang tengah, dan satu gelandang serang.

Trio gelandang bisa ditempati Muhammad Rafli, Arkhan Fikri, dan Ariel Lucero seperti pekan lalu. Opsi lainnya dengan memainkan trio Samuel Balinsa, Arkhan Fikri, dan Ariel Lucero.

Namun, demikian, opsi terakhir ini bukannya tanpa risiko. Tanpa Jayus, Widodo harus mencari pemain dengan tipikal ‘tukang jagal’ untuk pekerjaan ‘kotor’ saat tak menguasai bola.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya