5 Alasan Arema Bisa Menang di Kandang PSM Makassar

Arema bisa menang di kandang PSM Makassar dalam Liga 1 2022-2023 Pekan 5, Sabtu (20/8/2022), pukul 16.00 WIB. Setidaknya ada lima alasan yang bisa membuat skuad Singo Edan membawa pulang tiga poin.

Ini menjadi pertemuan ke-33 antara Arema dan PSM. Sebelumya, dalam 32 laga, Arema baru menang 11 kali, imbang sembilan kali, dan kalah 12 kali.

Kali ini, Arema tak akan dijamu PSM di Makassar seperti biasanya. Sebab, laga tersebut bakal dimainkan di Stadion Gelora BJ Habibi, Parepare, Sulewesi Selatan, kandang anyar PSM.

Sebelumnya, tampil di stadion ini, PSM belum pernah terkalahkan. Tim Juku Eja menundukkan Bali United 2-0 dan bermain imbang 1-1 dengan Persija Jakarta.

Inilah 5 Alasan Arema Bisa Menang di Kandang PSM Makassar

1. Konsentrasi PSM Terpecah

Konsentrasi PSM bakal terpecah antara laga Liga 1 2022-2023 dengan final AFC Cup 2022 Zona Asean. Empat hari setelah menjamu Arema, PSM akan bertandang ke markas Kuala Lumpur FA Malaysia.

Sempat ada kabar burung laga melawan Arema bakal ditunda agar PSM bisa fokus mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2022. Namun, penundaan itu hanya dilakukan untuk laga Barito Putera vs PSM, sedangkan laga lawan Arema tetap digelar sesuai jadwal.

2. Arema Tengah On Fire

Saat ini kondisi mental skuad Arema tengah on fire menantang tuan rumah PSM. Sebab, pada laga sebelumnya, anak asuh pelatih Eduardo Almeida itu mampu menundukkan sang juara bertahan Bali United 2-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Kemenangan tandang perdana Arema musim ini tersebut tentu bakal membuat semangat para pemainya berlipat ganda. Mentalitas untuk memenangkan laga itu menjadi modal bagus bagi Arema untuk meraih tiga poin selanjutnya.

3. Dukungan Aremania Makassar

Perjuangan Arema di kandang PSM tak akan sendirian. Mereka dipastikan bakal didukung Aremania Makassar dan sejumlah komunitas kelompok suporter setianya yang sengaja away ke Parepare.

Saat ini, Aremania Makassar tengah membuka tur ke Parepare untuk memberikan dukungan langsung kepada Arema. Dukungan itu diharapkan menjadi motivasi lebih bagi Johan Farizi dan kawan-kawan di laga tandang kali ini.

4. Sejarah Manis di Kandang PSM

Memang, salah satu catatan kekalahan tandang terbesar Arema terjadi di markas PSM, yakni 2-6 di Liga 1 2019 (16/10/2019). Namun, Arema juga punya sejarah manis menang di kandang PSM lho.

Momen kemenangan tandang Arema itu terjadi dua kali. Pertama di Indonesia Super League (ISL) 2009-2010 (10/2/2010) dengan skor 2-0, dan di Indonesian Soccer Championship (ISC) A 2016 (12/6/2016) dengan skor 1-0.

5. Badai Cedera Menyerang

Pada laga melawan Arema ini, PSM tak bisa tampil full team. Sebab, ada setidaknya empat pemainnya yang masih dalam kondisi pemulihan cedera.

Daftar pemain cedera PSM itu didominasi oleh para pemain belakang. Setidaknya ada tiga bek PSM yang masih harus menepi, yaitu Abdul Rahman Sulaeman, Syafruddin Tahar, dan Samuel Simanjuntak.

Arema dan PSM Makassar sudah sering bertemu di segala ajang. BACA: PSM Makassar ternyata lebih mendominasi jumlah kemenangan atas Arema.