5 Jersey Terbaik Arema Sepanjang Masa

Seperti Apa Jersey Arema di Piala Menpora 2021?
Dedik Setiawan (C) DANI KRISTIAN

Silih berganti jersey dari berbagai apparel dikenakan Arema dari musim ke musim sejak berdiri pada 11 Agustus 1987 silam. WEAREMANIA telah memilih lima jersey terbaik Arema sepanajang masa.

Jersey menjadi jubah perang wajib bagi para penggawa Singo Edan dalam mengarungi pertandingan kompetitif. Jersey ini untuk membedakan antara lawan dan kawan saat bertanding di lapangan agar mudah terlihat oleh wasit sebagai pengadil.

Warna biru, juga biru tua, selalu mendominasi warna dasar jersey yang dipakai pemain Arema selama ini. Warna ini kemudian dikombinasikan dengan warna kuning, merah, putih, dan lain-lain.

Ada sejumlah aturan dalam regulasi kompetisi yang sudah diatur untuk pemakaian jersey. Mulai dari keharusan adanya bedge logo kompetisi, nameset (nama dan nomor punggung) sesuai si pemakai, logo klub, dan sebagainya.

Inilah 5 Jersey Terbaik Arema Sepanjang Masa

1. Jersey Ligina 2003 (Home)

Jersey Arema di Liga Indonesia (Ligina) 2003 masih melekat kenangannya di benak Aremania. Desain jersey ini mirip sekali dengan jersey tim Liga Italia Serie-A kala itu, Brescia, dengan motiv V berukuran besar pada bagian depan. Sayang, jersey ini menjadi saksi terdegradasinya Arema ke Divisi I musim itu.

2. Jersey Ligina 1998-1999 (Home)

Jersey Arema di Liga Indonesia (Ligina) 1998-1999 dibranding oleh apparel Reebok, yang merupakan sponsor kompetisi. Warna dasar biru dipadukan dengan warna putih pada bagian setengah ke atas, termasuk lengan dan kerah. Jersey ini pun tak lama digunakan setelah kompetisi dihentikan karena kasus kerusuhan politik tahun 1998.

3. Jersey ISL 2011-2012 (Home putaran kedua)

Jersey Arema di Indonesia Super League (ISL) 2011-2012 ada dua macam. Yang mulai dipakai sejak putaran kedua diproduksi oleh Ultras, apparel lokal Malang. Desainnya terbilang mbois dengan garis-garis gradasi dari tebal ke tipis pada bagian depan, mirip jersey klub Liga Inggris Chelsea musim itu. Jersey ini turut jadi saksi selamatnya Arema dari jurang degradasi di akhir musim.

4. Jersey ISL 2009-2010 (Home)

Jersey Arema di Indonesia Super League (ISL) 2009-2010 diproduksi oleh apparel Diadora. Mengusung warnaa biru tua dipadukan dengan warna biru pada bagian samping/bawah lengan, jersey ini tampak lebih elegan dengan pelipit putih melengkung yang tersambung antara bagian kanan dan kirinya. Jersey ini ikut mengantarkan Arema menjadi juara ISL 2009-2010.

5. Jersey Liga 1 2020 (Home)

Jersey Arema di Liga 1 2020 adalah jersey kedua yang dibikin oleh Singo Edan Apparel (SEA), self-apparel Arema. Jersey ini mengutamakan desain motif garis-garis berbentuk belah ketupat dengan warna biru tetap menjadi warna dominan. Sayang, jersey ini cuma dipakai dua kali setelah Liga 1 2020 vakum karena pandemi covid-19.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.