Arema Memimpin Grup Zona Degradasi Usai Kalahkan Bhayangkara FC

- Advertisement -

Arema memimpin grup zona degradasi dalam klasemen sementara Liga 1 2023-2024 Pekan 11 usai kalahkan Bhayangkara FC 2-0, Jumat (1/9/2023) malam. Tambahan 3 poin membuat Skuad Singo Edan duduk di peringkat 16 dengan koleksi 9 poin.

Situasi ini turut dipengaruhi hasil akhir laga Persikabo 1973 yang ditahan imbang Dewa United 1-1, Minggu (3/9/2023) sore. Anak asuh pelatih Aji Santoso itu hanya mendapatkan satu poin di laga kandangnya.

Menariknya, Dewa United tertinggal lebih dulu oleh gol mantan pemain Arema, Yandi Sofyan. Tim asal Tangerang itu baru bisa menyamakan kedudukan 1-1 lewat gol mantan Arema lainnya, Ahmad Nufiandani pada menit 3 tambahan waktu babak kedua.

Tambahan yang hanya 1 poin itu memaksa Persikabo gagal untuk menggeser posisi Arema lagi. Laskar Padjadjaran tertahan di peringkat 17 dengan jumlah poin 9 sama dengan Arema.

Bagaimana Bisa Arema Memimpin Grup Zona Degradasi Dengan Poin yang Sama Dengan Persikabo 1973?

Meski jumlah koleksi poin Arema sama-sama 9 dengan milik Persikabo 1973, Arema yang lebih berhak menempati posisi 16. Penentuannya bisa dibaca dalam Regulasi Liga 1 2023-2024 Pasal 9 tentang Sistem Kompetisi.

Coba lihat Pasal 9 Ayat 4 yang berbunyi sebagai berikut.

Penentuan peringkat di klasemen regular series ditentukan sebagai berikut:
a. Jumlah poin yang diperoleh klub dari hasil pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan,
b. Apabila terdapat dua klub atau lebih memiliki jumlah poin yang sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria dan urutan sebagai berikut:
i.) Head to head
(a) Jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama,
(b) Selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama.

Berdasarkan poin (a), Arema memiliki 3 poin dalam klasemen kecil antara mereka dengan Persikabo (saja). Tiga poin itu didapatkan Arema dari hasil kemenangan 1-0 atas Persikabo pada Pekan 10 lalu.

Dari sinilah sudah bisa ditentukan siapa yang berhak atas peringkat yang lebih baik antara Arema dan Persikabo. Arema duduk di peringkat 16 dan Persikabo di peringkat 17.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya