EDITORIAL: Kekuatan Lini Per Lini Arema Musim 2020

EDITORIAL: Kekuatan Lini Perlini Arema Musim 2020
Skuad Arema musim 2020 (C) DANI KRISTIAN

Lebih dari separuh pemain inti Arema musim lalu tak lagi bermain di Liga 1 2020. Melihat kekuatan lini per lini Arema musim ini, bisa dipastikan bakal banyak perubahan.

Pada launching tim dan jersey, Minggu (23/2/2020) sore, Arema sudah memperkenalkan total 26 pemain yang akan memperkuat tim di Liga 1 2020 mendatang. Mereka terdiri dari 22 pemain lokal, dan empat pemain asing.

Sebelumnya, manajemen klub memutuskan telah memutuskan tidak memperpanjang durasi kontrak 17 nama pemain lawas. Keputusan itu diambil atas rekomendasi dari pelatih Arema, Mario Gomez.

Jelang kick off Liga 1 2020, Arema sempat menambah dua pemain pinjaman untuk memperkuat skuadnya. Belum berhenti sampai di sini, rencananya, masih akan ada satu pemain lagi yang merapat sebelum pendaftaran pemain ditutup pada 10 Maret mendatang.

Kekuatan Lini Pertahanan dan Kiper Arema Musim 2020

Untuk posisi kiper, Arema hanya mengganti satu dari empat pemain saja. Teguh Amiruddin didatangkan dari PS TIRA-Persikabo menggantikan Sandi Firmansyah. Sementara, tiga kiper lawas, yakni Kartika Ajie, Andryas Francisco, dan Utam Rusdiyana masih dipertahankan.

Lini belakang bisa dibilang yang paling banyak dirombak oleh Mario Gomez. Tercatat, tiga dari empat bek inti musim lalu didepak, sehingga tinggal Johan Farizi di posisi full back kiri yang tersisa.

Manajemen Arema memulangkan Bagas Adi Nugroho, lalu mendatangkan pemain asing Matias Malvino, yang diprediksi bakal jadi duet stopper. Selain itu, merapat pula Syaiful Indra Cahya yang sepertinya bakal permanen di posisi full back kanan. Empat pemain lain, yaitu Nur Diansyah, Aji Saka, Muhammad Ikhsan, dan Taufik Hidayat, bakal menjadi pesaing.

Kekuatan Lini Tengah Arema Musim 2020

Wajah-wajah di lini tengah Arema musim 2020 ini tampak tak jauh berbeda dengan musim lalu. Ada Hendro Siswanto, Jayus Hariono, Hanif Sjahbandi, Vikrian Akbar, Ridwan Tawainella, dan Dendi Santoso.

Menggantikan Makan Konate yang hengkang ke Persebaya Surabaya, slot itu diisi oleh Jonathan Bauman yang bakal menjadi tumpuan serangan Arema, dibantu Oh In-kyun, mantan rekannya di Persib Bandung. Selain itu, ada nama-nama Dave Mustaine yang musim lalu menjadi andalan PS Sleman.

Kekuatan Lini Depan Arema Musim 2020

Di posisi lini depan, Arema hanya mempertahankan nama Titan Agung dan Dedik Setiawan. Namun, nama terakhir sementara ini masih harus menjalani proses pemulihan cedera lutut hingga pertengahan musim.

Sambil menunggu Dedik pulih, Arema bisa mengandalkan Muhammad Rafli yang bisa diplot sebagai penyerang pula. Debutan baru seperti Elias Alderete juga diprediksi bakal menjadi kekuatan utama untuk mempertajam lini depan Arema.

Terlebih, ada sosok Kushedya Hari Yudo yang kualitasnya tak bisa dikesampingkan. Masih ada pula nama-nama seperti Marinando Djonak Uropmabin, dan Feby Eka Putra di sektor penyerang sayap.