Menerka Nomor Punggung Takafumi Akahoshi di Arema

Perjalanan Panjang Karier Takafumi Akahoshi Sebelum ke Arema
Perjalanan Panjang Karier Takafumi Akahoshi Sebelum ke Arema

Pemain asal Jepang, Takafumi Akahoshi disebut-sebut menjadi incaran Arema di bursa trasfer paruh musim Liga 1 2019. Karena sudah selangkah lagi menjadi bagian dari klub kebanggaan Aremania ini, menarik untuk menerka berapa nomor punggung pada jersey yang akan dikenakannya.

Pavel Smolyachenko, pengisi slot Arema untuk pemain asing AFC, mengenakan nomor punggung 91. Gelandang asal Uzbekistan yang terdepak sebelum putaran pertama berakhir itu memakai nomor yang sesuai dengan tahun kelahirannya, 1991.

Sepertinya, tak mungkin jika Akahoshi mengenakan nomor punggung warisan dari Pavel. Sebab, biasanya ada aturan pemain baru yang didaftarkan tak bisa mengenakan nomor punggung yang sama dengan pemain lain, sekalipun sudah dicoret sebelum kompetisi berakhir.

Dalam catatan laman Soccerway, Akahoshi sempat mengenakan tiga nomor punggung yang berbeda sepanjang kariernya. Salah satu nomor punggung itu cukup spesial, karena sama dengan tanggal kelahirnya, 27 Mei 1986.

Harus Berebut dengan Dedik Setiawan

Takafumi Akahoshi mengenakan nomor punggung 27 saat merantau ke klub Polandia, MKS Pogoń Szczecin. Namun, bukan perkara gampang baginya untuk mengenakan nomor punggung tersebut di Arema, yang sudah lebih dulu dipakai Dedik Setiawan.

Nomor punggung 27 cukup lama dikenakan Akahoshi, selama delapan musim di MKS Pogoń Szczecin, sejak musim 2010-2011 hingga musim 2016-2017. Bahkan, ketika dipinjamkan ke FK Ufa (Rusia) pada musim 2014-2015, nomor punggung 27 itu tetap dipakainya.

Maukah Agil Munawar Merelakannya?

Saat hijrah ke Liga Thailand mulai musim 2017, bersama Ratchaburi Mitr Phol FC dan Suphanburi FC (2018), Takafumi Akahoshi mengenakan nomor punggung anyar, yakni 37. Kalau ke Arema, akankah Agil Munawar mau merelakan nomor punggung tersebut padanya?

Agil sudah memakai nomor punggung 37 itu sejak musim 2018 lalu saat pertama bergabung dengan Arema. Memakainya dua musim berturut-turut, tentu Agil tak akan begitu saja membiarkan nomor punggung itu kepada Akahoshi.

Tak Ada yang Pakai dan Selalu Nganggur

Pada saat bermain di klub terakhirnya, Foolad Khuzestan FC (Iran), di musim 2018-2019, Takafumi Akahoshi mengenakan jersey bernomor punggung 80. Nomor punggung ini yang paling mungkin dikenakannya di Arema nanti.

Selama ini, nomor punggung 80 memang jarang ada yang memakainya. Bahkan, dalam catatan sejarah, belum ada pemain Arema yang mengenakan nomor punggung satu ini.