Piala Walikota Solo Ditunda Lagi, Ini Kerugian Arema

Piala Walikota Solo Ditunda Lagi, Ini Kerugian Arema
Latihan Arema (C) LUXY WEAREMANIA

Piala Walikota Solo ditunda lagi, tepat sehari sebelum diselenggarakan, Senin (28/6/2021) sore. Tim Arema sebagai salah satu peserta jelas menderita sejumlah kerugian gara-gara penundaan turnamen pramusim tersebut.

Sedianya, Piala Walikota Solo bakal digelar di Stadion Manahan Solo, Selasa (29/6/2021). Laga Persis Solo vs PSG Pati dipersiapkan sebagai laga pembukanya.

Keputusan penundaan ajang pramusim ini diambil dengan alasan naiknya angka kasus covid-19 di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Satgas penanganan covid-19 daerah sebagai penanggung jawab.

Penundaan turnamen ini tercatat untuk kedua kalinya. Tadinya, Piala Walikota Solo yang sudah hendak digelar pada Minggu (20/6/2021) juga sempat mengalami penundaan dengan alasan yang sama.

Mungkin kerugian secara finansial tak terlalu berdampak pada klub, meskipun tim Arema sudah berada di Solo sejak Minggu (27/6/2021) kemarin. Pasalnya, segala biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh panitia penyelenggara (panpel).

Inilah Kerugian Arema Setelah Piala Walikota Solo Ditunda Lagi

1. Waktu Persiapan

Arema tercatat sudah melakukan persiapan sejak sebulan terakhir, tepatnya ketika wacana digelarnya Piala Walikota Solo mencuat. Pelatih Eduardo Almeida sudah mempersiapkan timnya, meski tidak secara khusus untuk menghadapi ajang ini.

Dalam waktu sebulan itu, empat uji coba juga sudah dilakukan sebagai bagian dari persiapan Arema untuk Liga 1 2021-2022. Almeida pun menganggap laga pertama melawan Persib Bandung di Piala Walikota Solo sebagai bagian dari proses persiapan timnya untuk kompetisi.

2. Buang Tenaga

Dalam masa persiapan tim selama satu bulan itu, jelas para pemain Arema juga sudah membuang tenaganya. Keringat para penggawa Singo Edan bercucuran ke tanah dalam setiap sesi latihan yang dilakoni bersama Almeida.

Saat ada penundaan pertama, Selasa (15/6/2021) lalu, seharusnya rombongan Arema berangkat ke Solo pada Jumat (18/6/2021) karena mereka bakal bertanding Minggu (20/6/2021). Karena ditunda, mereka harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk berlatih lagi.

3. Psikis dan Mental

Ditundanya Piala Walikota Solo sehari sebelum kick off dimulai, pastinya menjadi pukulan telak bagi psikis dan mental para pemain Arema. Bagaimana mungkin mereka yang sudah bersemangat akan bertanding tiba-tiba harus menerima kenyataan bahwa turnamen ditunda.

Andai penundaanya sejak jauh-jauh hari, seperti penundaan pertama yang berjarak lima hari bisa jadi ceritanya lain. Bisa saja, keputusan tersebut tidak mengakibatkan psikologi para pemain Arema terserang.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.