Jelang Laga Persebaya Surabaya vs Arema, Area Stadion Gelora Soeprijadi Blitar Disterilisasi

Area Stadion Gelora Soeprijadi Blitar Disterilisasi
Area Stadion Gelora Soeprijadi Blitar Disterilisasi. (C) Agung Prima

Jelang laga Persebaya Surabaya vs Arema di babak semifinal Piala Gubernur Jatim (Jawa Timur) 2020, Selasa (18/2/2020) sore, Panpel tuan rumah bekerja keras. Salah satunya melakukan sterilisasi venue, Stadion Gelora Soeprijadi, Kota Blitar sejak pagi hari.

Ketua Panpel Pertandingan, Murjoko menjelaskan, sejak ditunjuk Asprov PSSI Jatim selaku tuan rumah laga ini selama dua hari pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan. Untuk mengamankan laga ini, sekitar 800 personel dikerahkan yang terdiri dari Polresta Blitar, TNI, brimob, dan satpol pp.

Bahkan, panpel sampai meminta bantuan kepada Polres tetangga, dari Polresta Malang, Polres Malang, dan Polres Blitar. Mereka disebar di sejumlah titik hingga perbatasan antara kota dan Kabupaten Blitar sebagai ring pengamanan terluar.

“Sterilisasi stadion sudah dilakukan sejak pagi hari. Sudah ada suporter yang datang ke stadion, lalu kita geser minggir ke sekitar stadion. Alhamdulillah, semua berlangsung lancar, Aremania diarahkan ke barat, dan Bonekmania ke timur,” kata Murjoko.

Sarankan Suporter Nobar Laga Persebaya Surabaya vs Arema

Murjoko menyarankan suporter kedua tim untuk tidak masuk ke area Stadion Gelora Soeprijadi. Sebaiknya mereka datang ke acara nonton bareng yang digelar di sejumlah kantor Kecamatan dan Polsek di Kota Blitar.

Sempat ada konsentrasi massa di wilayah Alun-alun Kota Blitar dari kedua kelompok suporter. Sebab, kebanyakan dari mereka datang ke Kota Blitar melalui Stasiun Blitar.

“Dari hasil koordinasi dengan pihak keamanan, kita pertahankan jangan sampai ada suporter, baik dari pihak Aremania maupun Bonek yang masuk area ring satu di stadion. Sementara suporter yang berusaha masuk ke area ring dua (jalan utama ke stadion) kami imbau untuk pulang, atau nonton bareng di tempat yang sudah disediakan,” tandas pria berusia 49 tahun ini.

Baca juga: Susunan Pemain Persebaya Surabaya vs Arema FC, 18 Februari 2020