Regulasi Baru, 1 Pertandingan di Liga 1 Bisa Ganti Pemain sampai 5 Kali

regulasi Ganti pemain 5 kali

FIFA menyetujui usulan IFAB tentang tambahan ganti pemain di sepakbola bisa dilakukan hingga 5 kali. Aturan yang disetujui sejak 5 Mei 2020 ini sudah aktif mulai 1 Juni lalu.

Awalnya aturan pergantian lima pemain ini hanya berlaku untuk kompetisi yang maksimal akan selesai pada 31 Desember 2020.

IFAB kemudian memperpanjang dan memutuskan pergantian lima pemain berlaku sampai musim baru 2020/21, dengan catatan kompetisi yang menerapkannya harus selesai maksimal pada 31 Juli 2021.

Dengan keputusan tersebut, kompetisi Shopee Liga 1 2020 dipastikan bisa ikut menerapkannya.

Aturan tersebut diadopsi dalam lanjutan Liga 1 2020 nanti, sehingga dalam 1 permainan klub bisa ganti pemain sebanyak 5 kali.

Hal itu diketahui dari regulasi terbaru Shopee Liga 1 2020 sebagaimana tertuang dalam Pasal 10 yang mengatur teknis pertandingan. Adapun lanjutan Shopee Liga 1 akan digelar mulai 1 Oktober dan diharapkan selesai pada 28 Februari 2021.

“Diperbolehkan sebanyak-banyaknya 5 pemain cadangan yang terdaftar dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) dapat bermain dalam Pertandingan. Dalam proses pergantian Pemain, wasit cadangan harus menggunakan papan pergantian pemain di mana terdapat nomor di kedua sisinya,” tulis Pasal 10 ayat 2 dalam regulasi terbaru Shopee Liga 1 2020.

Pergantian lima pemain di Shopee Liga 1 juga hanya bisa dilakukan dalam tiga kali kesempatan. Pembatasan ini dilakukan agar klub tak memanfaatkannya untuk mengulur-ulur waktu pertandingan.

Jika pergantian dilakukan saat jeda babak pertama, kuota maksimal tiga kali waktu pergantian pemain tak berkurang. Hal itu juga sesuai dengan ketentuan IFAB buat kompetisi yang ingin menerapkan pergantian lima pemain.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.