UINSA Raih Gelar Pertama Jawa Timur

Universitas Islam Negeri SunanAmpel (UINSA) Surabaya meraih gelar pertama LIMA Volleyball: McDonald’s East Java Conference Season 7 setelah mengalahkan Universitas Negeri Malang (UM) di babak final. Pada laga yang berlangsung di UIN Maulana Malik Ibrahim, Jumat (20/9), UINSA menang dengan skor 3-0 (25-20, 25-18, 27-25).

Pada set pertama, 16 poin yang didapatkan UINSA berasal dari permainan para pemainnya. Bangkit Pangestu Aji dan Frisca Abritama sama-sama menyumbang enam poin di set ini. Bangkit meraih poin lewat dua spike, satu fake spike, dan tiga block point, sedangkan Frisca mendapat enam poin melalui lima spike dan satu block point yang dilakukannya. Assist terbanyak dilakukan Mochamad Ainul Yaqin dengan sembilan poin.

UINSA menambah poin yang didapatkan lewat permainannya di set kedua. Di set ini, mereka menghasilkan 18 poin dari 25 poin yang didapat.

Skor terbanyak berasal dari Mochammad Tri Fauzin Maulana dengan tujuh poin. Ainul masih menjadi pemain yang paling banyak mengumpan dengan 11 assist yang dilakukan.

Persaingan semakin ketat di set ketiga. Kedua tim bahkan harus melakoni laga yang lebih panjang untuk menghasilkan skor deuce. Dari 27 poin yang didapatkan, permainan UINSA menghasilkan 20 poin. Frisca kembali menjadi peyumbang angka terbanyak di set terakhir ini dengan delapan poin. Di set ini, Ainul melakukan assist sebanyak 13 kali.

Meski mengalami kekalahan, UM sudah menunjukkan performa terbaiknya. Dalam tiga set, mereka sudah mengumpulkan 28 poin, 25 assist, 21 spike, dan empat fake spike.

Frisca Abritama penyumbang poin terbanyak UINSA
Frisca Abritama penyumbang poin terbanyak UINSA

“Alhamdulillah, kami bersyukur bisa menjadi juara di regional JawaTimur. Namun, kami tidak boleh merasa puas lebih dulu karena masih ada pertandingan di Nationals. Saya apresiasi dengan usaha dan perjuangan para pemain. Kami akan tetap berusaha, berdoa, dan latihan agar tetap bersemangat untuk menjalani pertandingan Nationals,” ujar Surya Alam Hadi Putra, manajer UINSA.

Sementara itu, pelatih UM, Stefanus Freedi Dwi, mengatakan, “Pertandingan final hari ini cukup berat untuk kami karena pertahanan UINSA sangat rapat sehingga membuat kami kesulitan untuk menembusnya. Akan tetapi, saya bangga dengan para pemain bisa meraih peringkat kedua di kompetisi LIMA ini. Mereka juga sudah menunjukkan permainan terbaiknya selamafase regional ini. Kami sudah lolos ke Nationals dan harus memperbaiki diri lagi agar bisa berkembang di laga Nationals nanti.”

Dengan hasil ini, UINSA resmi menjadi juara LIMA Volleyball: McDonald’s East Java Conference Season 7, sedangkan UM mengisi posisi runner-up.

Kedua tim tersebut akan melaju ke LIMA Volleyball Nationals Season 7 bersama dua tim lainnya dari regional JawaTimur, UIN Maulana Malik Ibrahim dan Universitas Islam Malang (Unisma), serta empat tim terbaik dari LIMA Volleyball: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference Season 7.

LIMA Volleyball Nationals Season 7 masih akan berlangsung di Sport Center UIN Maliki pada 23-27 September mendatang.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.