Carlos Fortes dan 3 Pemain Arema yang Pernah Mencetak Gol Salto

Carlos Fortes masuk daftar pemain Arema yang pernah mencetak gol salto. Gol spektakuler penyerang asal Portugal itu dibuatnya ke gawang Persija Jakarta di Pekan 23 Liga 1 2021-2022, Sabtu (5/2/2022) malam.

Sebelum Fortes, setidaknya ada tiga penyerang yang pernah menjebol gawang lawan dengan cara spektakuler tersebut. Menariknya, ada siklus empat tahunan di mana Arema mencetak gol salto, mulai tahun 2010, 2014, 2018, dan 2022.

Mencetak gol salto atau di dunia sepak bola kerap disebut bicycle kick tidaklah mudah. Butuh teknik, feeling kuat, dan jangan lupa keberuntungan agar ayunan kaki menyentuh dan mengarahkan bola ke gawang.

Inilah Pemain Arema yang Pernah Mencetak Gol Salto

1. Noh Alam Shah

Aremania pasti tak bisa melupakan gol salto ikonik dari Noh Alam Shah di Indonesia Super League (ISL) 2009-2010. Penyerang asal Singapura itu melakukannya ke gawang Persema Malang di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (10/1/2010).

Pemain yang akrab disapa Along itu menjebol gawang Persema dengan gaya akrobatik di menit 20 menyambut umpan tandukan kepala kompatriotnya, Muhammad Ridhuan. Gol itu menyamakan skor menjadi 1-1 sebelum akhirnya Arema menang 3-1.

2. Samsul Arif

Empat tahun berselang, giliran Samsul Arif yang mencetak gol dengan gaya salto untuk Arema. Penyerang asli Bojonegoro itu melakukannya ke gawang Gresik United di ISL 2014 (8/5/2014).

Gol salto Samsul yang menyambut umpan Arif Suyono itu dibuat di menit pertama untuk membuka pesta gol Arema 5-0 atas GU. Gol itu seklaigus menjadi awal dari hattrick yang diciptakannya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

3. Thiago Furtuoso

Tak mau kalah, Thiago Furtuoso juga pernah mencetak gol salto untuk Arema di ajang Piala Presiden 2018 (20/1/2018). Bertempat di Stadion Gajayana, Kota Malang, penyerang asal Brasil itu melakukannya ke gawang Persela Lamongan.

Gol di menit kedua itu menjadi gol tercepat di turnamen pramusim tersebut. Sayangnya, catatan gol spektakuler itu ternoda karena Arema batal menang setelah laga berakhir dengan skor 2-2.

4. Carlos Fortes

Carlos Fortes menambah deretan pemain Arema yang mencetak gol lewat aksi saltonya. Pemain berusia 27 tahun itu melakukannya ke gawang Persija Jakarta semalam.

Gol salto Fortes menyelamatkan Arema dari kekalahan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Gol di menit 56 itu akhirnya memaksakan hasil imbang 1-1 sehingga kedua tim sama-sama berbagi satu poin.

Ada yang kangen dengan gol salto Along yang ikonik itu? BACA: Inilah momen ketika Along menjebol gawang Persema dengan ayunan kakinya sambil menjatuhkan diri ke rumput.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.