Kenangan Singkat Ricardo Navarro Bersama Arema

Kenangan Singkat Ricardo Navarro Bersama Arema
Ricardo Navarro (C) DANI KRISTIAN

Kenangan singkat Ricardo Navarro Felipe dos Passos dibukukannya di Liga 1 2018. Pelatih kiper asal Brasil yang hari ini (30/4/2020) genap berusia 41 tahun itu tercatat hanya setengah musim di skuad Singo Edan.

Cerita awal kedatangannya ke Malang sebagai pelatih kiper asing pertama Arema bermula dari keinginan Joko Susilo, pelatih kepala kala itu, untuk merekrut pelatih kiper asing. Nama Ricardo kemudian mencuat dengan reputasi pernah melatih Santos FC (Brasil) dan Timnas Brazil Putri.

Saat itu, Arema yang baru saja kehilangan Kurnia Meiga karena penyakitnya di pertengahan musim 2017, memutuskan menciptakan kiper handal baru ketimbang mendatangkan kiper nomor satu di Indonesia. Ricardo pun harus mengemban tugas berat itu bersama Yanuar Hermansyah sebagai Asisten Pelatih Kiper.

Di tangan pria kelahiran Brasil, 30 April 1979 itu, sesi latihan kiper Arema lebih variatif dan enerjik. Terbukti lima kiper Arema, Joko Ribowo, Kartika Ajie, Utam Rusdiyana, Teddy Heri, dan Andryas Francisco cukup antusias.

Kenangan Singkat Ricardo Navarro Berakhir di Paruh Musim

Kebersamaan Ricardo Navarro di Arema harus berakhir lebih cepat dari durasi kontraknya. Di saat sudah mulai akrab dengan Aremania, pelatih murah senyum itu harus pergi di paruh musim Liga 1 2018.

Tanda-tanda akan didepaknya Ricardo sudah tampak ketika Milan Petrovic yang tadinya Asisten Pelatih bertukar posisi dengan Joko Susilo menjadi Pelatih Kepala Arema. Rupanya, sejumlah materi latihan kiper yang disajikan Ricardo tidak cocok dengan selera si pelatih kepala.

Puncaknya, ketika Ricardo diputus kontrak Arema dengan alasan yang kurang jelas. Sebagai pengganti, direkrutlah pelatih kiper asing anyar, Branislav Radojcic sebelum laga putaran kedua Liga 1 2018 bergulir.