Mecky Tata, Pencetak Gol Pertama Sepanjang Sejarah Arema

Mecky Tata, Pencetak Gol Pertama Sepanjang Sejarah Arema
Mecky Tata (C) VAMOS

Jika ada pertanyaan ‘siapakah pencetak gol pertama sepanjang sejarah Arema?’ maka jawabannya adalah Mecky Tata. Penyerang asal Papua itu merupakan bagian dari generasi pertama skuad Arema sejak berdiri pada 11 Agustus 1987.

Liga Sepak Bola Utama (Galatama) 1987-1988 merupakan kompetisi sepak bola profesional pertama yang diikuti Arema sejak didirikan oleh Jenderal Acub Zaenal. Kompetisi ini digelar kurang dari dua bulan setelah Arema berdiri, sebuah persiapan yang cukup singkat untuk sebuah klub anyar.

Sayang, pada laga pertama (4 Oktober 1987), Arema kalah di kandang sendiri oleh Perkesa Mataram. Praktis, kekalahan dengan skor 0-1 itu sekaligus membuat semua pemain Arema gagal menjadi pencetak gol pertama di laga pertama.

Hasil positif baru didapat Arema di pekan kedua, justru saat menjalani laga tandang ke markas Makassar Utama. Mecky sebagai penyerang utama akhirnya mencetak gol pertama skuad Singo Edan di kompetisi ini sekaligus memaksakan hasil imbang 1-1.

Mecky Tata Mencetak 9 Gol di Musim Pertamanya

Di musim pertamanya, Mecky mampu mencatatkan pencapaian yang lumayan bagus sebagai seorang striker. Pemain kelahiran 19 September 1964 itu mencetak sembilan gol dalam semusim.

Sebagian besar gol-gol Mecky dilesakkannya melalui tandukan kepala hingga terjaring ke jala gawang lawan. Tak heran jika banyak pendukung Arema kala itu menjuluki Mecky dengan sebutan si Kepala Emas berkat moncernya tandukan kepalanya.

Arema pada musim itu juga dibawanya menempati peringkat enam di klasemen akhir Galatama 1987-1988 dengan 40 poin. Pencapaian mereka kalah 21 poin dari sang juara Niac Mitra yang meraih 60 poin.