Setengah Musim di Arema yang Tak Pantas Bagi Balsa Bozovic

Setengah Musim di Arema yang Tak Pantas Bagi Balsa Bozovic
Balsa Bozovic (C) DANI KRISTIAN

Balsa Bozovic menjalani setengah musim di Arema pada putaran pertama Liga 1 2018. Sebuah perjalanan singkat yang tak pantas bagi pemain yang hari ini (1/5/2020) genap berusia 33 tahun itu.

Arema mendatangan sosok pemain berkebangsaan Montenegro itu lantaran batal mendaftarkan Rodrigo Ost dos Santos. Terganjal verifikasi klub asalnya yang tak memenuhi syarat, Arema terpaksa mencari pemain pengganti di lini tengah.

Bola mati baik dari tendangan bebas maupun tendangan pojok yang jadi andalannya membuat Arema tertarik merekrut. Awalnya, Balsa digadang-gadang sebagai playmaker pengtur serangan.

Sebelum disodori kontrak di detik-detik akhir jelang bergulirnya Liga 1 2018, Balsa sempat menjalani trial di turnamen pramusim Piala Gubernur Kalimantan Timur 2018. Menyingkirkan pesaingnya, Gustavo Lopez, Arema dibawanya menjadi runner-up dan mencetak dua gol.

Balsa Bozovic Cetak Dua Gol Penting

Setengah musim di Arema, Balsa mencetak dua gol saja di Liga 1 2018 putaran pertama. Namun, dua gol itu terbilang penting.

Debut sekaligus gol pertamanya bersama Arema dibuatnya ke gawang Mitra Kukar di pekan pertama Liga 1 2018 (24/3/2018). Golnya lewat tendangan bebas di menit 8 sempat membuka keunggulan bagi timnya, meski hasil akhirnya imbang 2-2.

Gol keduanya dibuat ke gawang Persib Bandung di pekan keempat, di mana lagi-lagi Arema ditahan imbang 2-2 di kandang sendiri. Gol di menit 88 itu menyelamatkan Arema dari kekalahan di kandang.

Pergi karena Minim Kontribusi

Balsa akhirnya terdepak dari Arema bahkan sebelum putaran pertama berakhir. Pemain kelahiran Yugoslavia, 1 Mei 1987 itu harus meninggalkan skuad Singo Edan karena dinilai minim kontribusi.

Kehadiran Makan Konate sebagai pemain asing pengganti yang mampu menyelamatkan Arema dari zona degradasi, semkin menenggelamkan nama Balsa. Terlebih pemain asal Mali itu menjelma sebagai mesin gol Arema dengan 13 golnya, yang makin mempertegas setengah musim yang tak pantas bagi Balsa di Arema.