Hasil Laga Piala Asia 2023: Jepang vs Indonesia, 24 Januari 2024

- Advertisement -

Laga Piala Asia 2023 antara Jepang vs Indonesia digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). Skuad Garuda gagal meraih poin usai kalah dengan skor 1-3.

Pelatih Shin Tae-yong memainkan skuad terbaiknya di babak pertama. Ada Ernando Ari, Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner, Sandy Walsh, Pratama Arhan, Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri, dan Rafael Struick.

Pada menit 4, gawang Indonesia sudah bisa dibobol Jepang lewat titik penalti. Ayase Ueda yang menjadi eksekutornya sukses melesakkan bola ke gawang Ernando di menit 6.

Unggul 1-0 hingga istirahat turun minum, Jepang berusaha menambah gol di babak kedua. Lagi-lagi, Ueda menjadi aktor antagonis pencetak gol kedua Jepang ke gawang Indonesia di menit 52.

Saat Indonesia berusaha mencetak gol balasan, Justin justru mencetak gol bunuh diri di menit 88. Indonesia baru bisa mengubah skor menjadi 3-1 lewat gol Walsh di menit 90+1 yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Peluang Lolos Usai Laga Jepang vs Indonesia

Jepang memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah menjadi runner up dengan 6 poin menemani Irak sebagai juara Grup D. Sementara, Indonesia yang berada di posisi 3 masih bisa lolos sebagai empat tim di peringkat 3 terbaik.

Saat ini, di klasemen peringkat 3 terbaik, Indonesia berada di peringkat 4 dari 6 tim dengan koleksi 3 poin. Di posisi 4 besar ada Palestina (4 poin), Suriah (4 poin), Bahrain (3 poin), sedangkan di bawah Indonesia ada China (2 poin), dan Oman (1 poin).

Dari enam tim itu, hanya Oman dan Bahrain yang masih harus bertanding. Hasil pertandingan terakhir kedua tim bakal menentukan lolos tidaknya Indonesia ke babak selanjutnya.

Indonesia dapat lolos jika Oman gagal menang melawan Kirgistan di laga terakhir Grup F. Namun, jika Oman menang, maka harapan Indonesia terletak pada laga Bahrain yang harus dikalahkan Yordania dengan selisih tiga gol atau lebih jika ingin lolos.

Jika Oman mengalahkan Kirgistan dan Bahrain minimal imbang dengan Yordania, maka pupuslah harapan Indonesia untuk meraih satu tiket lolos ke babak berikutnya. Nasib Indonesia ada di tangan Kirgistan dan Yordania.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya