Selamat Datang di Liga 1 Para Alumni Piala Walikota Solo!

Selamat datang di Liga 1 2022-2023 buat RANS Cilegon FC, Persis Solo, dan Dewa United. Sadar atau tidak, ketiganya merupakan alumni Piala Walikota Solo 2021 yang batal digelar.

Kalau lupa, mari flashback ke bulan Juni 2021 lalu ketika Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka punya hajat mengundang ‘klub-klub sultan’. Ada Arema, Persib Bandung, Bhayangkara FC, dan Bali United sebagai perwakilan dari klub tajir di Liga 1 2021-2022.

Lalu, dari Liga 2 diwakili Persis Solo, RANS Cilegon FC, PSG Pati, dan Sriwijaya FC. Dewa United masuk sebagai peserta baru ketika Sriwijaya FC akhirnya memutuskan mundur.

Turnamen jelang Liga 1 2021-2022 digulirkan ini tadinya hendak dimulai 20 Juni, tetapi ditunda menjadi 29 Juni. Namun, pada akhrnya ajang itu benar-benar tak bisa digelar dengan alasan keamanan, meski tim-tim peserta sudah berada di Solo pada H-1.

Selamat Datang di Liga 1 RANS Cilegon FC, Persis Solo, dan Dewa United

Minus PSG Pati yang ‘ditinggal’ di babak penyisihan grup, RANS, Persis dan Dewa melenggang ke babak semifinal Liga 2 2021. Satu tim lainnya adalah PSIM Yogyakarta sebagai penantang.

Persis dan RANS lebih dulu promosi setelah memastikan satu tiket di partai puncak Liga 2. Persis mengalahkan Dewa 2-1, sedangkan RANS menundukkan PSIM 3-0.

Dewa memastikan slot ketiga untuk naik kasta ke Liga 1 musim depan menjadi milik mereka setelah memenangkan laga perebutan peringkat ketiga Liga 2 2021. Dewa menjungkalkan PSIM dengan skor tipis 1-0.

Di antara ketiga klub promosi dari Liga 2 ke Liga 1 itu, dua di antaranya pernah dihadapi Arema dalam laga uji coba pramusim. BACA: Ini rekam jejak pertemuan Persis Solo dan RANS Cilegon FC melawan Arema.