Arema Jajaki Kerja Sama dengan Lestarindo Garap Lapangan Latihan

Arema Jajaki Kerja Sama dengan Lestarindo Garap Lapangan Latihan
Mariando Uropmabin (C) DANI KRISTIAN

Manajemen Arema jajaki kerja sama dengan PT. Harapan Jaya Lestarindo (Lestarindo Soccerfield) untuk menggarap lapangan latihan. Kedua belah pihak sudah bertemu dengan pihak-pihak terkait untuk membicarakan rencana ini, Kamis (12/3/2020).

Sebelumnya, Arema sudah menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, yang menyiapkan lapangan mereka di kampus 2, di daerah Karanglo, Tasikmadu, Lowokwaru, Kota Malang. Rencananya, Lestarindo bakal menggarap rumput lapangan yang disiapkan sebagai tempat latihan Arema selama lima tahun ke depan itu.

Pada tahap pertama, tim Lestarindo melakukan pengecekan kelayakan Lapangan ITN. Langkahnya dengan melakukan pengukuran lapangan, tingkat elevasi tanah, dan survey drainase.

“Dari hasil pengecekan itu, Lestarindo menyatakan Lapangan ITN sudah bagus. Tingkat elevasi (ketinggian dan kemiringan) tanahnya tidak terpaut jauh diukur dari semua sudutnya. Lalu, drainasenya pun cukup bagus, artinya tinggal diperbaiki saja,” kata Media Officer Arema, Sudarmaji.

Arema Jajaki Kemungkinan Pakai Lapangan Latihan di Putaran Kedua

Jika sudah ada kesepakatan, Sudarmaji menjelaskan, Maret ini Lestarindo bakal segera menggarap Lapangan ITN yang diharapkan sudah dapat digunakan Arema pada putaran kedua Liga 1 2020. Setidaknya, ada waktu sekitar lima bulan, dua bulan untuk proses pengerjaannya, dan tiga bulan untuk mengukur pertumbuhan rumput.

Menurutnya, Lestarindo sangat tertarik menggarap lapangan latihan Arema ini karena ingin klub-klub Liga 1 mempunyai standar lapangan yang sama. Kebetulan, di Jawa Timur ini mereka baru saja menggarap rumput Stadion Surajaya, Lamongan.

“Lestarindo merasa tertantang, karena ini konsepnya lapangan untuk latihan. Arema butuh lapangan yang punya kualitas bagus. Kalau bisa, punya standar yang sama antara lapangan latihan dan lapangan pertandingan, agar adaptasi pemain berlangsung bagus,” imbuh pria asal Banyuwangi tersebut.

Lapangan Latihan Arema Pakai Rumput Lokal

Lapangan ITN yang disiapkan untuk lapangan latihan Arema bakal dihiasi rumput jenis zoysia matrella. Namun, Lestarindo membuka peluang untuk memakai rumput lokal seperti yang dipakai untuk Lapangan Wonoayu, Wajak.

“Ada pesan dari pimpinan Pemkab Malang agar kami memakai rumput lokal Malang, seperti yang dipakai di Lapangan Wonoayu, Wajak. Nanti akan kami komunikasikan dengan pihak Lestarindo, saya pikir tidak masalah, karena ada opsi penyediaan rumput dari kami,” tegasnya.