Cara Javier Roca Menaikkan Mentalitas Pemain Arema Jelang Lawan Persib

Selain masalah taktikal, mentalitas pemain Arema juga harus menjadi perhatian Javier Roca jelang lawan Persib Bandung di Liga 1 2022-2023 Pekan 9, Minggu (11/9/2022) mendatang. Pelatih anyar Arema itu mengaku sudah punya cara untuk menaikkan mental pemainnya.

Dalam tiga pertandingan terakhirnya, Arema sedang melakoni episode buruk tak pernah menang. Skuad Singo Edan kalah 0-1 di kandang PSM Makassar, 0-1 di kandang sendiri dari Persija Jakarta dan imbang 1-1 di markas Barito Putera.

Tentu saja, Roca dituntut untuk bisa membangkitkan motivasi para pemain Arema di laga melawan Persib ini. Ini menjadi salah satu tugas beratnya dalam debut perdananya bersama Arema.

“Motivasi sebenarnya permain Arema sudah punya, tinggal mengarahkan saja agar mereka mau mengeluarkan kemampuan terbaik,” kata Roca.

Yakin Mentalitas Pemain Arema Bisa Dibangkitkan

Javier Roca yakin mentalitas para pemain Arema bisa dibangkitkannya. Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan memberikan kepercayaan diri kepada mereka.

Menurutnya, semua pemain itu pada dasarnya bisa dikeluarkan kemampuan terbaiknya kalau diberikan kepercayaan diri. Hal itu harus dibawa ke lapangan, baik saat berlatih maupun bertanding.

“Kalau saya, dengan memberikan latihan yang tidak membosankan, dan kompetitif. Misalnya, ada pemain yang dalam satu tugas latihan timnya kalah maka harus bayar (dengan push up, dan lain-lain),” imbuhnya.

“Apa sih yang dicari pemain bola itu sejak kecil? Ya, mereka mencari kesenangan. Kalau mereka tidak senang, kan susah untuk mengeluarkan kemampuan terbaik. Kita fokus di situ dulu.”

Javier Roca sudah bicara tentang kemampuan para pemain Arema memahami taktiknya. BACA: Soal pemahaman taktikal pemain Arema ini, Javier Roca mengungkapkan sebuah filosofi tentang kopi.