Eduardo Almeida: Di Sini Banyak yang Terlalu Serius Memikirkan Hasil Laga Pramusim

Pelatih Arema, Eduardo Almeida menilai di Indonesia banyak yang terlalu serius memikirkan hasil laga pramusim. Menurutnya, hal itu kadang membuat orang lupa tujuan utama adanya masa pramusim.

Di klub-klub luar negeri umumnya masa pramusim dipakai sebagai ajang pemanasan, mencoba komposisi pemain, taktik baru, dan mengesampingkan hasil pertandingan. Namun, di Indonesia, turnamen pramusim yang digelar cenderung memantik rasa gengsi dengan target utama juara.

Seperti diketahui, hari ini (29/5/2022) keluar hasil drawing turnamen pramusim 2022 yang digelar 11 Juni-17 Juli 2022. Arema sendiri menjadi tuan rumah Grup D bersama Persikabo 1973, PSM Makassar, dan Persik Kediri.

“Bagi saya, turnamen pramusim tak lebih sebagai ajang untuk menyiapkan tim untuk tujuan utama di kompetisi. Di sini banyak yang terlalu serius soal laga uji coba dan turnamen pramusim,” kata Almeida.

Hasil Laga Pramusim Bukan Target Utama Arema

Eduardo Almeida menegaskan, hasil laga uji coba maupun turnamen pramusim bukanlah tujuan utama Arema, melainkan di Liga 1 2022-2023 nanti. Karenanya, ajang pramusim ini akan dijadikan sebagai sarana persiapan saja.

Untuk lolos ke fase selanjutnya, Arema dan tiga tim lainnya akan berebut dua tiket sebagai juara grup atau runner up. Jika lolos, Arema akan tampil di babak 8 besar yang digelar single match, lalu semifinal dan final digelar secara home-away atau dua leg.

“Laga pramusim adalah tes, mencoba pemain, taktik, dan perbaikan kondisi fisik. Jadi, bukan soal hasil. Jika hasilnya positif itu lebih bagus, tapi bukan itu targetnya. Target kami bukan hasil, tapi banyak yang harus dianalisa,” imbuhnya.

Melakukan yang Terbaik

Meski tak secara tegas menyinggung soal target Arema menjadi juara turnamen pramusim 2022, Eduardo Almeida menegaskan tetap ingin anak asuhnya tampil maksimal. Menurutnya Arema tetap akan melakukan yang terbaik.

“Kami tetap akan melakukan yang terbaik di turnamen ini. Tapi tetap tujuan kami di masa pramusim ini adalah persiapan untuk kompetisi,” tandasnya.

Turnamen pramusim 2022 akan diikuti oleh 18 klub peserta Liga 1 2022-2023. BACA: Arema menjadi salah satu dari empat tim tuan rumah.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.