Fokus Benahi Fisik Pemain Arema, Tak Lupa Selipkan Menu Taktikal

Javier Roca fokus benahi fisik pemain Arema dalam momen libur Liga 1 2022-2023 karena ada FIFA Match Day sebelum Pekan 11 bergulir. Namun, pelatih Arema itu tak lupa menyelipkan menu taktikal untuk pemainnya.

Usai libur selama tiga hari, Roca memulai sesi latihan perdana Arema, Rabu (21/9/2022) sore. Mereka menjalani sesi latihan di Stadion Dirgantara, Lanud Abdulrachman Saleh, Pakis, Kabupaten Malang dalam suasana guyuran hujan rintik-rintik.

Roca menjelaskan, ada prosentase berimbang antara menu fisikal dan taktikal dalam program latihan yang sudah disusun. Prosentasenya sudah hampir bulat 100 persen.

“Secara fisik, tujuan latihan hari ini lebih ke aerobik, secara luas, banyak pemain. Tapi, mulai besok lebih ke an-aerobik, agar pemain kita bisa mendapat VO2Max yang lebih tinggi untuk mereka bisa bertahan dalam ritme permainan lebih lama,” kata Roca setelah sesi latihan.

Fokus Tujuan Latihan Taktikal dalam Menu Latihan Fisik Pemain Arema

Javier Roca menjelaskan fokus tujuannya memberikan menu taktikal di antara menu fisikal kepada para pemain Arema. Pelatih asal Chile itu lebih menekankan kepada menu taktikal secara umum.

Untuk menu taktikal yang lebih spesifik untuk menghadapi laga selanjutnya baru akan digeber pada pekan depan. Masih ada waktu sembilan hari untuk melakoni persiapan maksimal.

“Hari ini kan tujuan latihan kami secara taktikal lebih ke prinsip permainan yang lebih besar secara tim. Misalnya saja seperti ball possesion, pressing, dan lain-lain,” pungkas mantan pelatih Persik Kediri tersebut.

Sesi latihan perdana Arema dimulai dengan agenda timbang berat badan. BACA: Namun, Javier Roca tidak membeber secara blak-blakan apa konsekuensi bagi pemain yang berat badannya melebihi standar ideal.