Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persebaya Surabaya vs Arema FC: 4-1

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persebaya Surabaya vs Arema FC
Hamka Hamzah (C) DANI KRISTIAN

Laga pekan ke-32 Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya vs Arema FC digelar di Stadion Batakan Balikpapan, Kamis (12/12/2019) sore. Skuad Singo Edan harus menelan kekalahan 1-4 dari tim rivalnya tersebut.

Jalannya Babak Pertama

Sebagai tim tuan rumah, Persebaya mengambil kendali serangan lebih dulu sejak peluit tanda babak pertama dimulai. Sementara Arema mencoba bertahan dengan baik.

Pada menit 3, Aryn Williams mampu menyerobot bola dari kaki Hanif Sjahbandi di ujung garis kotak penalti Arema. Sepakan keras menghujam dilepaskannya. Bola sempat membentur punggung bek Arema, Hamka Hamzah sebelum meluncur ke gawang tanpa mampu dihadang kiper Utam Rusdiyana.

Persebaya mampu menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 di menit 24 lewat gol David da Silva. Sebuah solorun dilakukannya membawa bola menusuk rusuk kiri pertahanan Arema. Hamka yang mencoba mengawal malah terjatuh. Sepakan keras kaki kanan lagi-lagi tak mampu diantisipasi Utam dengan baik.

Tim pelatih Arema mencoba merespon taktik dan strategi yang tidak jalan di lini depan. Ahmad Nur Hardianto ditarik keluar di menit 34, dan digantikan oleh Rifaldi Bawuo.

Arema mendapat peluang pertama di menit 35 melalui aksi Hanif. Sepakannya mencoba mengincar pojok kanan atas gawang Persebaya yang dijaga kiper Miswar Saputra. Sayang, bola terlalu tinggi melayang melintas di atas mistar gawang lawan.

Pada menit 39, Persebaya mendapat kesempatan memperbesar keunggulannya. Diogo Campos yang melakukan penetrasi ke sisi kiri pertahanan Arema melepaskan umpan akurat. Bola sanggup dipotong David dengan tandukannya. Namun, kali ini bola mampu dihadang dengan cekatan oleh Utam.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Persebaya atas Arema. Skor 2-0 di papan skor tidak berubah.

Jalannya Babak Kedua

Arema memulai babak kedua dengan sedikit lebih agresif. Sejumlah peluang mampu dibuat, meski mampu pula digagalkan oleh barisan pertahanan Persebaya.

Seperti pada menit 47, di mana Makan Konate melepaskan tendangan keras menyambut umpan tumit Sylvano Comvalius. Namun, bola membentur pemain lawan, dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Pada menit 60, Konate kembali menuai peluang untuk memperkecil ketinggalan Arema. Sayang, kali ini kiper Miswar yang jadi penyelamat gawang Persebaya.

Begitu pula dengan peluang dari Hanif di menit 66. Sepakan jarak jauh di luar kotak penalti kembali dilepaskannya seperti pada babak pertama. Namun, hasilnya sama saja, bola tembakan Hanif itu meninggi di atas mistar gawang Miswar.

Pada menit 70, giliran Hamka yang membuka peluang bagi Arema membuat gol balasan. Sebuah tendangan sudut dari Konate disambutnya dengan tandukan kepala. Sayang, bola masih melebar ke sisi kiri gawang lawan.

Comvalius ditarik keluar di menit 72, dan digantikan Riky Kayame. Perubahan komposisi di lini depan Arema ini membuat Rifaldi menempati posisi Comvalius sebagai penyerang tengah.

Di menit 74, Konate kembali melepaskan tembakan keras ke arah gawang Persebaya. Kali ini Miswar yang kembali mengamankan gawangnya dengan cekatan.

Diogo Campos lolos dari jebakan off-side di menit 75. Namun, bola true pass itu tak mampu dimaksimalkan menjadi gol tambahan bagi Persebaya. Sepakannya sukses diselamatkan oleh kaki Utam yang menjatuhkan diri.

Dua menit berselang, lagi-lagi Utam melakukan penyelamatan. Tendangan Diogo kembali diselamatkan dengan kakinya.

Gol ketiga Persebaya lahir di menit 79 lewat aksi Diogo. Assist Williams di antara Hamka dan Utam mampu dimaksimalkan menjadi gol lewat sontekan pelan, setelah sebelumnya banyak membuang peluang.

Hamka akhirnya berhasil memperkecil ketinggalan di menit pertama tambahan waktu babak kedua. Papan skor diubahnya menjadi 3-1 setelah memaksimalkan skrimit di depan gawang Persebaya dengan tendangan terukurnya.

Skor 3-1 tersebut tak bertahan lama, lantaran semenit kemudian David mencetak gol keduanya lewat serangan balik cepat. Skor 4-1 akhirnya mengakhiri laga Persebaya Surabaya vs Arema FC tersebut.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.