Milo Masih Optimistis Arema Mampu ke Peringkat Kedua

Milo Masih Optimistis Arema Mampu ke Kompetisi AFC
Milo (C) DANI KRISTIAN

Milomir Seslija masih punya asa memandang peta persaingan di sisa lima laga Liga 1 2019 setelah Bali United hampir dipastikan bakal menjadi juara. Pelatih yang akrab disapa Milo itu masih optimistis Arema mampu ke kompetisi di bawah AFC musim depan.

Saat ini Arema mengoleksi 42 poin di peringkat 6 klasemen sementara Liga 1 2019. Peringkat kedua yang jadi incaran Milo ditempati oleh Borneo FC dengan 45 poin, disusul Persipura Jayapura 44 poin, dan PSM Makassar 42 poin sama dengan perolehan poin Arema.

Yang diketahuinya, Borneo FC sebagai pesaing tidak lolos verifikasi klub profesional AFC sebagai salah satu syarat bermain di kompetisi AFC musim depan. Sementara itu, jika poinnya sama, pelatih asal Bosnia itu yakin Arema lebih baik dari Persipura dan Madura karena menang head to head.

“Kami menang head to head kalau poinnya sama dengan Persipura dan Madura, kalau PSM kami harus mendapatkan poin lebih baik dari mereka. Kami tetap optimistis, kenapa tidak? Arema tidak pernah menyerah, masih ada peluang,” kata Milo.

Perjuangan Musim Ini Berbeda dari Musim Lalu

Milo sekadar mengingatkan, sebelum finish di posisi 6 di klasemen Liga 1 2018 lalu, Arema berjuang untuk lolos dari degradasi. Musim ini berbeda, karena mereka berjuang untuk lolos ke kompetisi AFC musim depan.

Menurutnya, banyak faktor yang mewarnai perjuangan Arema meraih target itu, yang kadang tak mau dimengerti oleh Aremania selaku suporter. Misalnya saja, pemain cedera, bahkan sampai akhir musim seperti Dedik Setiawan, lalu pemain absen karena akumulasi kartu, dan banyak lainnya.

“Kami butuh satu kemenangan untuk bisa menyamai poin peringkat kedua saat ini, tapi itu tidak mudah. Untuk menang kami harus mencetak gol lebih banyak dari lawan. Saya pikir kompetisi musim ini memang lebih kompetitif, antara Arema dengan peringkat 12 hanya selisih 4 poin,” imbuh pelatih 55 tahun itu.

Banyak yang Cuma Lihat Hasil Tanpa Peduli Proses

Milo menyebut kebanyakan Aremania sebagai suporter cuma melihat hasil pertandingan demi pertandingan saja. Mereka lupa jika sejauh ini, ada proses yang membuat Arema menjadi lebih baik dari musim lalu.

“Tak ada satu pun yang ingat jumlah poin di klasemen, tapi yang diingat hasil pertandingan dan berapa kali kami gagal meraih kemenangan. Tak satu pun mereka ingat titel juara yang sudah kami dapatkan. Sejauh ini kami sudah meraih satu trofi juara Piala Presiden 2019 dan berpeluang ke kompetisi AFC musim depan,” tegasnya.