Pemain Arema Harus Bisa Mengubah Tekanan Jadi Tanggung Jawab

- Advertisement -

Jelang laga lawan Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023 Pekan 11, Sabtu (1/10/2022), pukul 20.00 WIB, tentu banyak tekanan kepada skuad Arema. Namun, pelatih Javier Roca berpesan, pemain Arema harus bisa mengubah tekanan jadi tanggung jawab.

Tekanan itu nyata-nyata datang dari Aremania yang menyatakan Arema harus bisa memenangkan laga melawan tim rival ini. Pernyataan itu bahkan tertuang dalam 8 poin sikap Aremania dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu.

Menurut Roca, tekanan di Arema itu setiap hari selalu ada. Namun, pemain dimintanya untuk mengalihkan ke sisi positif, salah satunya tanggung jawab terhadap pekerjaan sesuai kontrak.

“Ubahlah tekanan jadi sikap bertanggung jawab. Itu sama dengan ketika kita (sebagai laki-laki) keluar rumah, cari kerja, harus bertanggung jawab. Jadi, pulang ke rumah jangan sampai tidak membawa apa-apa. Jangan sampai tekanan itu malah menjadi beban. Biarlah beban untuk pelatih, jangan pemain,” kata Roca.

Pemain Arema Harus Bisa Mengubah Tekanan yang Datang Setiap Hari

Javier Roca menyebut, tekanan untuk pemain Arema bukan cuma datang dari Aremania. Sebab, tekanan yang sesungguhnya datang dari pelatih asal Chile itu sendiri setiap hari pada sesi latihan.

Roca menegaskan, selalu menuntut pemain Arema untuk memberikan kemampuan yang maksimal. Jangan sampai mereka mudah hilang bola, kontrol bola juga harus benar, menjaga makanan, berat badan, dan sebagainya.

“Jadi, sejak bangun tidur mereka sudah ada tekanan. Saya pikir normal kalau mereka pada hari H pertandingan harus merasakan tekanan suporter, karena mereka sudah terbiasa, sehari-hari sudah dalam tekanan,” pungkasnya.

“Saya tidak bisa bohong bilang tak ada tekanan. Nyatanya bisa saja sehari sebelum pertandingan kadang ada pemain yang sakit perut, atau apa. Saya tidak bisa bohong bilang itu tidak terjadi karena tekanan tadi. Sekarang bagaimana caranya pemain bisa keluarkan yang terbaik dengan tekanan seperti itu.”

Javier Roca tengah menyiapkan kondisi pemainnya akan bisa mencapai puncak performa di hari H lawan Persebaya Surabaya. BACA: Ada dua metode latihan yang coba dipadukannya untuk menyiapkan puncak performa tersebut.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya