Soal Abel Camara, Hadian Lukita: Arema Tak Melanggar Regulasi

Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hadian Lukita menegaskan, Arema tak melanggar regulasi Piala Presiden 2022 soal Abel Camara. Penyerang asing anyar Arema itu sudah sah terdaftar secara administrasi.

Sebelumnya, hadirnya Abel di babak 8 besar Piala Presiden 2022 sempat menjadi polemik. Bahkan, pelatih Barito Putera, Dejan Antonic yang timnya melawan Arema, mengkritisi bergabungnya Abel di turnamen sedang berlangsung.

Hadian turut menyaksikan laga Arema vs Barito di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (2/7/2022) sore. Menurutnya, tak ada regulasi turnamen yang dilanggar Arema.

“Tidak ada regulasi Piala Presiden 2022 yang dilanggar oleh Arema. Kalau ada, pasti kita mendapatkan laporan dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI,” kata Hadian.

Arema Tak Melanggar Regulasi Karena Abel Camara Pemain Sah

Hadian Lukita menyebut, selama tidak ada laporan dari Komdis PSSI maka Abel Camara sudah sah didaftarkan Arema. Namun, disadarinya tak semua komponen klub peserta lainnya mengetahui daftar skuad klub-klub lain.

Nama Abel menjadi polemik lantaran baru gabung dan dikenalkan Arema pada 1 Juli kemarin. Pemain asal Portugal itu sudah menjalani laga debut melawan Barito selama 24 menit dan sukses menjadi satu dari enam eksekutor penalti saat Arema menang adu penalti 5-4.

“Kalau sekarang dia dimainkan artinya si pemain sudah didaftarkan klub dari awal. Tapi, tidak semua tahu anggota skuad tim lain sejak awal. Pasti ada tim lain yang merasa si pemain baru itu kok bisa dimainkan karena belum terdaftar, padahal dia ternyata sudah didaftarkan,” imbuhnya.

Abel Camara Sudah Terdaftar Sebelum Kick Off Piala Presiden 2022 Digelar

Hadian Lukita menegaskan, nama semua pemain sah sudah terdaftar sebelum kick off Piala Presiden 2022 digelar. Jadi, jika ada pemain, seperti Abel Camara baru dimainkan di babak 8 besar tak masalah selama sudah terdaftar.

“Ada tanggal tertentu yang tidak bisa dilanggar klub, pemain sudah harus didaftarkan sebelum waktu kick off. Piala Presiden ini juga memperbolehkan satu klub mendaftarkan maksimal 35 pemain. Sepertinya Abel ini sudah masuk, karena tidak ada laporan dari Komdis sebagai pemain ilegal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dejan Antonic keberatan jika Arema memainkan Abel Camara di laga lawan Barito Putera. BACA: Dejan Antonic merasa tak adil jika Arema menurunkan Abel Camara melawan Barito Putera.