Rapat EXCO PSSI Putuskan Menunda Liga 1 2020 Hingga Tahun Depan

Ada Turnamen Antar Klub Jawa Timur, Arema Ikut
Kushedya Hari Yudo (C) DANI KRISTIAN

PSSI putuskan menunda Liga 1 2020 hingga tahun depan. Keputusan itu diambil melalui rapat EXCO (Komite Eksekutif) PSSI, Rabu (28/10/2020) malam.

Kabar itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi dalam laman resmi PSSI. Dikatakannya, keputusan itu tak hanya berlaku untuk kompetisi kasta tertinggi saja, melainkan untuk semua level kompetisi di bawah PSSI.

Sebelumnya, Liga 1 2020 sempat ditunda dua hari jelang kick off pada 1 Oktober lalu. Penundaan itu dilakukan lantaran belum mendapat izin keamanan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal tahun 2021 mendatang,” kata Yunus.

Langkah PSSI Setelah Menunda Liga 1 2020 Hingga Tahun Depan

Yunus Nusi membeberkan langkah PSSI setelah keputusan penundaan Liga 1 2020 diambil. Yang jelas, pihaknya langsung memberikan instruksi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Kewenangan diberikan penuh kepada PT LIB untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi nantinya. Langkah PT LIB harus segera diambil untuk menyikapi keputusan penundaan tersebut.

“PSSI berharap kompetisi dapat bergulir dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam pandemi Covid-19. Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi pun sudah dibuatkan regulasinya serta diberikan kepada klub,” tandasnya.