Utam Rusdiyana Hampir Samai Rekor Pengabdian Kurnia Meiga di Arema

Utam Rusdiyana Hampir Samai Rekor Pengabdian Kurnia Meiga di Arema
Utam Rusdiyana (C) DANI KRISTIAN

Musim 2021 ini Utam Rusdiyana hampir samai rekor pengabdian Kurnia Meiga di Arema. Jika masih dipertahankan, kiper asal Sidoarjo itu menorehkan catatan musim ke delapannya bersama skuad Singo Edan.

Utam pertama bergabung dengan Arema di Indonesia Super League (ISL) 2013. Namun, saat itu, di usianya yang masih 18 tahun, Utam tampil di ISL U-21 bersama Arema U-21.

Di saat yang bersamaan, Utam juga berstatus sebagai kiper magang di tim senior. Pemain kelahiran 6 Maret 1995 itu resmi menjadi pemain Arema pada musim berikutnya, di ISL 2014, bergabung dengan Meiga dan dua kiper senior, yakni Ahmad Kurniawan, dan Made Kadek Wardana.

Meiga sendiri mengabdi di Arema sejak tampil di ISL 2008-2009 hingga ‘pensiun dini’ di pertengahan musim Liga 1 2017. Catatan delapan setengah musim ini nyaris disamai oleh Utam yang musim ini akan delapan musim memperkuat Arema.

Utam Rusdiyana Hampir Terdepak Dua Musim Terakhir

Dua musim terakhir nama Utam Rusdiyana selalu masuk dalam ‘daftar pemai Arema yang akan dijual’ di awal musim. Namun, kiper jebolan Suryanaga, klub internal Persebaya Surabaya itu selalu bisa selamat.

Sejatinya, di Liga 1 2017, statusnya naik dari kiper keempat mennjadi kiper ketiga. Berkah datang padanya ketika Meiga harus menepi karena penyakit misteriusnya di pengujung musim, sehingga Utam jadi kiper kedua.

Liga 1 2018 menjadi puncak karier Utam bersama Arema, dengan torehan 18 penampilan (1620 menit), meski saat itu Arema kedatangan kiper senior Joko Ribowo dan kiper asing Srdan Ostojic. Musim berikutnya, Utam tampil 13 kali (1170 menit) di Liga 1 2019, bergantian dengan Kartika Ajie.

Butuh Dua Musim Lagi Pecahkan Rekor Kurnia Meiga

Utam Rusdiyana butuh waktu dua musim lalu, dimulai dari Liga 1 2021, agar bisa memecahkan rekor pengabdian Kurnia Meiga di Arema. Setidaknya, kiper 26 tahun itu harus bertahan di Arema hingga akhir musim Liga 1 2022-2023.

Saat ini, Utam pun masuk deretan pemegang rekor pemain terlama di Arema di antara pemain lainnya. Utam hanya kalah dari Dendi Santoso (12 musim), dan Johan Farizi (10 setengah musim).

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.