Johan Prasetyo, Sang Pencetak Hattrick Termuda Arema

Johan Prasetyo, Sang Pencetak Hattrick Termuda Arema
Johan Prasetyo (C) IST

Sejauh ini, Johan Prasetyo menjadi sang pencetak hattrick termuda Arema. Penyerang asal Semarang itu melakukannya di kompetisi Liga Indonesia 2002 silam (24/4/2002).

Johan yang lahir 7 Juni 1982, mencetak tiga gol sekaligus dalam satu pertandingan pada laga melawan Persekab Kabupaten Bandung di Stadion Gajayana, Kota Malang. Pada saat itu, usianya masih menginjak 19 tahun 10 bulan 17 hari.

Skuad Singo Edan menang telak atas tamunya asal Kabupaten Bandung itu dengan skor 5-1. Wawan Widiantoro membuka keunggulan Arema dengan golnya di menit 4 sebelum disamakan oleh Anton Hermawan di menit 37. Namun, gol Nanang Supriadi di menit 45 membuat Arema kembali unggul 2-1 di akhir babak pertama.

Berondongan tiga gol langsung dilesatkan Johan pada babak kedua, dalam jangka waktu 31 menit saja. Hattrick itu dibuatnya pada menit 55, 71, dan 86 yang membuat Arema menang 5-1.

Pencetak Hattrick Termuda Arema yang Menentukan

Hattrick Johan Prasetyo pada laga melawan Persikab Kabupaten Bandung bukan cuma membawa Arema menang 5-1. Lebih dari itu, kemenangan tersebut sangat berarti bagi skuad Singo Edan yang tengah berburu satu tiket ke babak 8 besar.

Tambahan tiga poin membawa Arema mengoleksi 38 poin di akhir babak penyisihan Wilayah Barat. Anak asuh Daniel Roekito saat itu menempati peringkat kedua di klasemen akhir.

Dari 22 pertandingan yang dijalani di babak penyisihan, Arema memenangkan 11 pertandingan, dan lima hasil imbang. Meski masih menyisakan empat pertandingan di babak penyisihan, tim kebanggaan Aremania itu berhak lolos ke babak selanjutnya.